Keefektifan metode relaksasi musik klasik dan menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya mencegah bullying / Imelda F. Bintarti

Bintarti, Imelda F. (2018) Keefektifan metode relaksasi musik klasik dan menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi sebagai upaya mencegah bullying / Imelda F. Bintarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bintarti, Imelda F. 2018. Keefektifan Metode Relaksasi Musik Klasik-Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Keterampilan Mengelola Emosi Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini, M. A., (II) Drs. Djoko Budi Santoso, M. Pd. Kata Kunci: Relaksasi musik klasik, menulis ekspresif, keterampilan mengelola emosi. Keterampilan mengelola emosi adalah salah satu keterampilan pribadi yang harus dimiliki oleh setiap individu. Individu dengan keterampilan mengelola emosi yang rendah akan cenderung memiliki perilaku agresif dan mudah tersulut emosi negatif. Hal ini dapat mengakibatkan individu kurang pandai untuk menerima dan mengekspresikan emosi yang dirasakannya dengan cara yang baik. Sehingga individu akan sering mengalami masalah dalam hubungannya dengan orang-orang disekitarnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode relaksasi musik klasik - menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP. Penelitian ini menggunakan instrument perlakuan yang telah dikembangkan oleh Irani (2015). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan rancangan eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah eksperimen semu, yaitu desain rangkaian waktu (The Time-Series Design) yang kelompok sasaran yang digunakan tidak dapat dipilih secara acak. Desain penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok untuk mendapatkan hasil akhir. Hasil dari penghitungan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dapat diketahui bahwa nilai beda pada pre-test dan post-test 1 sebesar -2,941 dengan nilai siginifikansi 0,003. Kemudian antara post-test 1 dan post-test 2 nilai bedanya sebesar -3,125 dengan nilai signifikansi 0,002, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode relaksasi musik klasik dan enulis ekspresif efektif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan yaitu konselor maupun sekolah dapat menggunakan metode relaksasi musik klasik-menulis ekspresif untuk meningkatkan keterampilan mengelola emosi siswa SMP, sehingga hal ini diharapkan dapat menurunkan munculnya perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item