Firmansyah, Sigit Hadi (2011) Pengembangan multimedia interaktif akord untuk pelajaran seni musik kelas XI di SMA Negeri 1 Kejayan Pasuruan / Sigit Hadi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan multimedia interaktif Seni Musik Akord. Pada pelajaran seni musik pokok bahasan akord merupakan kunci utama untuk melanjutkan ke materi-materi lain. Pada pokok bahasan ini alat musik sangat diperlukan agar anak dapat menerapkan akord. Terbatasnya alat musik menyebabkan siswa tidak memiliki kesempatan menggunakan alat musik dalam mempelajari materi akord. Sekolah yang menjadi tempat penelitian pengembangan adalah SMA Negeri 1 Kejayan Pasuruan pembelajaran seni musik yang diterapkan masih cenderung menggunakan metode ceramah dan menggunakan media papan tulis. Alat musik masih sangat jarang digunakan dalam pembelajaran seni. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk pengembangan multimedia interaktif akord (2) mengetahui validitas multimedia interaktif akord (3) mengetahui efektifitas multimedia interaktif akord. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Sadiman model ini terdiri dari empat tahap yaitu (1) penyusunan rancangan (2) penulisan naskah (3) produksi media (4) evaluasi program media. Sampel yang diambil adalah siswa SMA N 1 Kejayan kelas XI IPA 2. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan instrument antara lain angket (ahli media ahli materi siswa) dan tes (pre-tes dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data angket interpretasi data dengan kriteria tingkat validitas dan mengolah tes hasil belajar siswa dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif akord. Multimedia interaktif akord mata pelajaran seni musik ini juga telah diperbaiki dari produk awal sebelum menjadi produk adapun beberapa perbaikan yang dilakukan yaitu (1) penggantian layout di beberapa form (2) pemisahan tombol aplikasi dengan materi (3) penataan form penilaian (4) perbaikan komposisi volume sound materi dengan sound pengiring. Hasil pengembangan multimedia interaktif akord mata pelajaran seni musik adalah sebagai beriktut (1) validasi ahli media sebesar 82 5% (2) ahli materi sebesar 91% (3) validasi siswa dalam uji coba individu sebesar 90 5% (4) validasi siswa dalam uji coba terbatas sebesar 87 7% (5) validasi siswa dalam uji coba lapangan sebesar 88 5%. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa multimedia interaktif akord yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran seni musik. Hasil tes belajar baik pre-test maupun post-test yang didapat yaitu (1) uji coba individu sebesar 57 7% (2) uji coba terbatas sebesar 52 7% (3) uji coba lapangan sebesar 50 9%. Sehingga dari hasil tes belajar siswa ini multimedia interaktif akord yang telah dikembangkan termasuk dalam kualifikasi valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran seni musik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |