Pengaruh ion Mg2+ dalam penentuan konsentrasi ion Ca2+ dalam air secara Spektroskopi Serapan atom (SSA) dengan menggunakan metode adisi standar / Vinsensius Bria) - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ion Mg2+ dalam penentuan konsentrasi ion Ca2+ dalam air secara Spektroskopi Serapan atom (SSA) dengan menggunakan metode adisi standar / Vinsensius Bria)

Bria, Vinsensius (2013) Pengaruh ion Mg2+ dalam penentuan konsentrasi ion Ca2+ dalam air secara Spektroskopi Serapan atom (SSA) dengan menggunakan metode adisi standar / Vinsensius Bria). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kalsium SSA metode adisi standar Kalsium di alam tidak dapat ditemukan dalam bentuk unsur bebas tetapi dalam bentuk garam mineral misalnya kalsit (CaCO3) dan fluorite (CaF2) yang sering ditemukan pada bebatuan dan sebagian terlarut di dalam air. Analisis ion Ca2 dapat dilakukan menggunakan alat SSA dengan metode kurva kalibrasi dan adisi standar. Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui perbandingan konsentrasi ion Ca2 dalam air tanpa adanya ion Mg2 hasil pengukuran SSA dengan metode kurva kalibrasi dan metode adisi standar (2) Untuk mengetahui pengaruh ion Mg2 dalam pengukuran konsentrasi ion Ca2 dalam air dengan menggunakan SSA dengan metode kurva kalibrasi (3) Untuk mengetahui pengaruh ion Mg2 dalam pengukuran konsentrasi ion Ca2 dalam air dengan menggunakan SSA dengan metode adisi standar. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia Universitas Negeri Malang dengan menggunakan metode kurva kalibrasi dan adisi standar. Sampel yang digunakan sampel air sumur dan air sungai. Selain itu di lakukan variasi ion Mg2 untuk mengetahui pengaruh Mg2 saat penentuan konsentrasi ion Ca2 . Hasil penelitian (1) Perbandingan konsentrasi ion Ca2 dalam sampel air tanpa adanya ion Mg2 dengan metode kurva kalibrasi konsentrasi ion Ca2 dalam air sumur dan air sungai lebih kecil dibanding dengan menggunakan metode adisi standar (2) pengaruh ion Mg2 dalam pengukuran konsentrasi ion Ca2 dalam air dengan menggunakan SSA secara kurva kalibrasi semakin besar konsentrasi ion Mg2 yang ditambahkan maka konsentrasi ion Ca2 semakin menurun (3) pengaruh ion Mg2 dalam pengukuran konsentrasi ion Ca2 dalam air dengan menggunakan SSA baik secara adisi standar semakin besar konsentrasi ion Mg2 yang ditambahkan maka konsentrasi ion Ca2 semakin menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23678

Actions (login required)

View Item View Item