Isolasi dan identifikasi bakteri dalam kefir grains serta uji aktivitasnya dalam biodegradasi fenol / Retno Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi dan identifikasi bakteri dalam kefir grains serta uji aktivitasnya dalam biodegradasi fenol / Retno Kusumawati

Kusumawati, Retno (2012) Isolasi dan identifikasi bakteri dalam kefir grains serta uji aktivitasnya dalam biodegradasi fenol / Retno Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci biodegradsi fenol Actinobacillus sp. kefir grains Kefir grains dikenal dengan nama algae Kristal Jepang. Asal mula nama Kefir berasal dari bahasa Turki yaitu Keif yang berarti keadaan atau kondisi yang baik. Kefir sering dimanfaatkan untuk minuman penambah imunitas karena Kefir grains merupakan makanan fungsional dan probiotik yang mengandung kumpulan mikroba di antaranya bakteri dan yeast (ragi) dari golongan khamir. Salah satu penyebab yang dapat menurunkan imunitas tubuh adalah bahan kimia yang beracun seperti fenol karena keracunan fenol dapat menyebabkan penurunan jumlah leukosit yang berfungsi untuk mempertahankan tubuh dari serangan benda-benda asing termasuk kuman-kuman penyebab infeksi. Bakteri yang terdapat dalam kefir grains diduga dapat mendegradasi fenol karena kefir grains dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Penelitian ini mencoba untuk mencari dan memanfaatkan bakteri isolat dari kefir grains untuk uji coba biodegradasi fenol sehingga pada penelitian ini dilakukan isolasi dan identifikasi bakteri dalam kefir grains serta uji aktivitasnya dalam biodegradasi fenol Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia dan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang serta Laboratorium Mikrobiologi Universitas Brawijaya dengan tahapan penelitian (1) isolasi bakteri dari kefir grains (2) uji spesies dan karakter bakteri menggunakan alat Microbact kit system 12A dan 12B kemudian uji pewarnaan Gram dan foto Scaning Electron Microscopy (SEM) (3) uji coba degradasi fenol menggunakan isolat bakteri yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang berhasil diisolasi dari kefir grains ada tiga spesies yaitu Staphylococcus koagulase negative Actinobacillus sp dan Bacillus megaterium. Uji biodegradasi fenol menunjukkan bahwa Actinobacillus sp dengan ukuran panjang rata-rata 1 3338 956 m dan lebar rata-rata 742 66 nm dapat mendegradasi fenol pada konsentrasi awal rata-rata 2700 4000 6000 dan 8000 ppm berturut- turut sebesar 72 66% 68 18% 68 596% dan 60 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23673

Actions (login required)

View Item View Item