Ulfa, Agustina Miftachul (2021) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android materi Aksara Jawa dan sandhangan dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas iv SDN Mojosari 1 Kabupaten Tulungagung / Agustina Miftachul Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ulfa Agustina Miftachul. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Materi Aksara Jawa dan Sandhangan dengan Penguatan Karakter Mandiri Siswa Kelas IV SDN Mojosari 1. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pendidikan Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Murdiyah M.Pd. pembimbing (2) Dra. Tri Murti S.Pd. M.Pd Kata kunci. media interaktif aksara jawa karakter mandiri. Bahasa Jawa termasuk mata pelajaran muatan lokal yang wajib diajarkan di sekolah. Pembelajaran yang mudah dan menyenangkan akan membuat siswa merasa senang dan siswa menjadi lebih termotivasi untuk fokus belajar. Permasalahan yang dihadapi siswa pada saat ini kurang berminat belajar materi aksara Jawa dan sandhangan. Siswa merasa kesulitan dalam membedakan bentuk huruf aksara Jawa. Media yang tersedia di sekolah hanya poster serta pandemi mengakibatkan pembelajaran beralih ke daring. Penelitian dan pengembangan pada skripsi ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android materi aksara Jawa dan sandhangan dengan penguatan karakter mandiri pada siswa kelas IV SDN Mojosari 1 yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna serta praktis dan menarik bagi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development dengan mengikuti prosedur penelitian Borg dan Gall yang telah dimodifikasi oleh sugiono (2010) yang terdiri dari sepuluh langkah yaitu. (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk dan (10) produksi massal. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan angket.Teknik analisis data menggunakan persentase kevalidan dan skala Guttman. Hasil penelitian diperoleh pada ahli materi sebesar 100% termasuk kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh kategori cukup valid dengan persentase sebesar 75%. Hasil validasi oleh pengguna diperoleh kategori sangat valid dengan persentase sebesar 94 44%. Hasil yang diperoleh pada uji coba produk skala kecil adalah 100% dengan kategori sangat praktis dan sangat menarik. Hasil uji coba skala besar diperoleh persentase sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan sangat menarik. Hasil penguatan karakter mandiri diperoleh persentase 93 75%. Berdasarkan dengan hasil penelitian dan pengembangan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis android materi aksara Jawa dan sandhangan valid serta sangat praktis dan menarik digunakan pada pembelajaran. Hendaknya media pembelajaran dapat digunakan pada lingkup pendidikan yang lebih luas karena hasilnya layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/236700 |
Actions (login required)
View Item |