Pengembangan media pembelajaran berbasis audiovisual video animasi pada muatan IPS materi keragaman ekonomi di Indonesia dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas 4 SDN 1 Jimbe Kabupaten Ponorogo / Muhammad Pramudya Briliawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis audiovisual video animasi pada muatan IPS materi keragaman ekonomi di Indonesia dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas 4 SDN 1 Jimbe Kabupaten Ponorogo / Muhammad Pramudya Briliawan

Briliawan, Muhammad Pramudya (2021) Pengembangan media pembelajaran berbasis audiovisual video animasi pada muatan IPS materi keragaman ekonomi di Indonesia dengan penguatan karakter rasa ingin tahu kelas 4 SDN 1 Jimbe Kabupaten Ponorogo / Muhammad Pramudya Briliawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang membahas geografi sejarah sosiologi dan ekonomi. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SDN 1 Jimbe penggunaan media pada pembelajaran IPS menggunakan aplikasi whatsapp dengan materi dari buku pelajaran. Hal tersebut berakibat siswa kurang aktif serta kurang memperhatikan pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audio visual video animasi yang valid menurut ahli materi ahli media pengguna dan menarik menurut siswa Model penelitan dan pengembangan pada media pembelajaran audio visual video animasi ini adalah menggunakan model ADDIE dengan lima langkah yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data terdiri dari tiga teknik yaitu observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase kemudian hasilnya dikategorisasikan. Analisis angket ahli materi ahli media dan pengguna menggunakan skala Likert. Sedangkan angket respon siswa dianalisis menggunakan skala Guttman. Hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase sebesar 87 5% dengan kategori sangat valid. Pada validasi ahli media menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid. Pada validasi guru sebagai pengguna menunjukkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Dari persentase tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual video animasi dapat digunakan tanpa revisi. Hasil kemenarikan dari angket respon siswa menunjukkan persentase sebesar 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual video animasi sangat menarik dan dapat digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis audio visual video animasi pada muatan IPS materi keragaman ekonomi di indonesia dengan penguatan karakter rasa ingin tahu valid menurut ahli materi ahli media dan guru sebagai pengguna serta menarik menurut siswa. Saran bagi pengguna dalam penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual video animasi adalah harus lebih memahami penggunaan media agar lebih mempermudah ketika proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/236663

Actions (login required)

View Item View Item