Analisis penurunan kadar sianida dalam kluwek hasil pemeraman biji picung (Pangium edule Reinw.) / Fitriana Nurfaida - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penurunan kadar sianida dalam kluwek hasil pemeraman biji picung (Pangium edule Reinw.) / Fitriana Nurfaida

Nurfaida, Fitriana (2012) Analisis penurunan kadar sianida dalam kluwek hasil pemeraman biji picung (Pangium edule Reinw.) / Fitriana Nurfaida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci sianida kluwek pemeraman picung Kluwek dibuat dari biji buah picung (Pangium edule Reinw.) yang dikenal sebagai bumbu masakan. Pengolahan biji picung menjadi kluwek harus dilakukan dengan hati-hati karena mengandung sianida kadar tinggi sebesar 1-2 mg/g. Teknologi pengolahan kluwek untuk menghilangkan racun sianida pada umumnya masih bersifat tradisional. Biji picung segar direbus selama satu jam kemudian diperam dalam abu dan tanah selama 40 hari. Pengukuran kadar sianida dalam kluwek mentah maupun kluwek olahan yang siap jual sangat penting diketahui karena berbahaya apabila sianida yang terdapat pada kluwek siap jual melebihi batas yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kadar sianida kluwek mentah penurunan kadar sianida dalam kluwek mentah setelah direbus selama satu jam dan setelah pemeraman selama 10 20 30 40 dan 50 hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris dengan membandingkan pengolahan kluwek terhadap kadar sianida. Kluwek direbus dengan air selama satu jam kemudian dipendam dalam abu dan tanah selama 10 20 30 40 50 hari. Kadar sianida secara kualitatif dilakukan dengan penambahan larutan perak nitrat berlebih. Penentuan kadar sianida secara kuantitatif terdiri dari dua tahap yakni penyulingan sianida dan pengukuran konsentrasi sianida. Penyulingan sianida menggunakan destilasi uap modifikasi metode Kjeldahl sedangkan pengukuran konsentrasi sianida menggunakan titrasi argentometri metode Mohr. Hasil penelitian adalah kadar sianida dalam kluwek mentah sebesar 3 3010 1 0110 mg/g penurunan kadar sianida dalam kluwek mentah setelah direbus selama satu jam ialah 79 73%. Penurunan kadar sianida dalam kluwek setelah diperam selama 10 20 30 40 dan 50 hari berturut-turut sebanyak 83 78% 90 53% 96 72% 98 64% dan 99 03%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23662

Actions (login required)

View Item View Item