Pengembangan media bimbingan dan konseling karier berupa flipbook penyesuaian diri menghadapi PRAKERIN dengan model creative problem solving bagi siswa SMK / Siti Zakiyatul Fajariyah

Fajariyah, Siti Zakiyatul (2018) Pengembangan media bimbingan dan konseling karier berupa flipbook penyesuaian diri menghadapi PRAKERIN dengan model creative problem solving bagi siswa SMK / Siti Zakiyatul Fajariyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajariyah, Siti Zakiyatul. 2018. Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling Karier Berupa Flipbook Penyesuaian Diri Menghadapi Prakerin dengan Model Creative Problem Solving bagi Siswa SMK. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbingan: (I) Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd, (II) Drs. Widada, M.Si. Kata Kunci : flipbook, penyesuaian diri, prakerin Sekolah menengah kejuruan (SMK) adalah sekolah menengah yang mempersiapkan peserta didik memasuki dunia usaha dan industri. Salah satu kegiatan yang relevan dengan hal itu adalah Praktik Kerja Industri (Prakerin). Kegiatan ini memerlukan persiapan yang matang. Agar siswa dapat menghadapi Prakerin dengan baik perlu dilakukan layanan bimbingan yang bertujuan membantu Penyesuaian diri siswa dalam kegiatan tersebut.Layanan bimbingan yang diberikan memerlukan media yang tepat. Untuk itu penelitian ini bertujuan penelitian pengembangan adalah menghasilkan produk penyesuaian diri menghadapi prakerin bagi siswa SMK dengan menggunakan modelcreative problem solving. Pengembangan media ini bertujuan menjawab kecanggihan teknologi informati (IT) dalam generasi milenial. Penelitian ini menghasilkan tiga produk yaitu flipbook, buku panduan siswa, dan buku panduan konselor. Flipbook berbentuk web yang dapat dibuka dan diakses kapanpun.Flipbookdapat dibuka di handphone atau di laptop dalam keadaan online. Buku panduan bagi siswa dibuat untuk membantu siswa saat menggunakan media flipbook. Buku paduan bagi konselor dibuat untuk membantu konselor saat memberikan layanan bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan model penelitian Borg dan Gall yang memiliki sepuluh langkah, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah dalam pengembangannya. Uji ahli terdiri dari uji ahli materi, uji ahli media, dan uji ahli calon pengguna (konselor). Analisis data penilaian produk menggunakan inter-rater agreement model. Sebuah penilaian yang menggunakan kesepakatan beberapa ahli, terdapat dua ahli materi dan dua media. Kategori indeks validasi ahli mengacu pada empat kreteria(1) 1,00-0,75 sangat tinggi, (2) 0,74-0,50 tinggi, (3) 0,49-0,25 sedang, dan (4) 0,24-0,00 rendah, sebagai data kuantitatif. Saran, kritik dan masukan uji ahli sebagai data deskriptif pengembangan produk. Penelitian pengembangan ini menghasilkantiga produk yang dibutuhkan bagi siswa memasuki dunia usaha dan industri. Pengembangan produk hingga uji ahli mendapatakan indeks uji validitas ahli rata-rata 0,75-1,00. Sehingga dapat disimpulkan jika produk yang kembangkan valid dan dapat digunakan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Revisi dibutuhkan untuk pengoptimalan produk yang dihasilkan.Penelitian dan pengembangan ini hanya pada tahap ke lima dan untuk mengetahui efektifitasnya diperlukan penelitian lebih lanjut.   ABSTRACT Fajariyah , siti zakiyatul .2018 . Development career media of flipbook self adjustment to face prakerin with a creative problem solving model for vocational high school students. Thesis,Guidance and Counseling, the faculty of education, State University of Malang. Advisor: (I) Dr .Muslihati, S.Ag.,M.Pd. (II) Drs. Widada, M.Si. Keyword: flipbook, self adjustmen, prakerin Vocational high school (SMK) is high school who prepares school tuition enter the business world and industry.One of the activities relevant to it is work practices industry (prakerin). This activity requires sufficient preparation. In order to face well the prakerin the studentsÔÇÖ needs to be done services guidance aimed at helping self adjustmentin these activity.The guidance services provided require the right media. In consequence, this study aims to research the development of produce a products selfadjustment to face prakerin for students in SMK use the model creative the problem solving. The development of this media aimed to admitInformation Technology(IT) in themillennialgeneration. This research resulted in three products these are flipbook, a manual book for student, and a manual book for a counselor.Flipbook webshaped can be opened and accessed anytime. It can be opened on the phone or in laptop in online.The manual book for students is created to assist students while using the media flipbook. A manual book for counselors is created to help counselors while providing counseling and guidance services. This research method uses the Borg and Gall model that has ten steps, but this research uses five step processes in developing. The test and approved content experts, and media experts, and the people of the candidateÔÇÖs user (a counselor). The data analysis of the assessment product use inter-rater agreement model. A valuation uses agreement was reached between the several specialists, there are two people of the course content and media.The category of a validation of four criteria (1) 1,00-0,75 is very high, (2) 0,74-0,50 high, (3) 0,49-0,25 being masticated and mixed, and (4) 0,24-0,00 low, as quantitative data. Recommendations about such things as, the criticism and feedback test and approved the people descriptive of product development. This research and developmentproduces three products which is needed for student to approaching form the business world and industry. Development product until the test and approved the people of the index practical teaching exam participants of 0,75-1,00. Thus, that it can be concluded that the product which is have developed valid and can be used in the guidance and counseling program at school. The revision is required to be a great product to produce. This research and development is only at the fifth step and to distinguish its effectiveness is needed further research. 

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item