Pengaruh model pembelajaran daur belajar (Learning cycle) 6 fase-Jigsaw pada materi minyak bumi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Mariya Ulfa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran daur belajar (Learning cycle) 6 fase-Jigsaw pada materi minyak bumi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Mariya Ulfa

Ulfa, Mariya (2012) Pengaruh model pembelajaran daur belajar (Learning cycle) 6 fase-Jigsaw pada materi minyak bumi terhadap prestasi belajar siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu / Mariya Ulfa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci daur belajar 6 fase jigsaw prestasi belajar Telah terjadi pergeseran paradigma di bidang pendidikan dari behaviourisme ke konstruktivisme yang implikasinya menjadi berpusat pada siswa. Kesulitan mengkonstruksi konsep dalam kimia dapat diatasi dengan memadukan model pembelajaran daur belajar dengan jigsaw untuk mengajarkan materi minyak bumi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran daur belajar 6 fase-Jigsaw dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran daur belajar 6 fase (2) untuk mengetahui kualitas proses belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran daur belajar 6 fase-Jigsaw dan yang dibelajarkan dengan model pembelajaran daur belajar 6 fase. Penelitian menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran daur belajar 6 fase-Jigsaw dan kelas kontrol menggunakan daur belajar 6 fase. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MAN Malang II Kota Batu tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sederhana melalui undian kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus RPP handout worksheet. Instrumen pengukuran berupa tes prestasi belajar dan lembar observasi. Tes prestasi belajar berupa tes obyektif terdiri dari 30 butir soal valid dan reliabilitas tes 0 946. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik kuantitatif berupa uji-T pada 945 0 05 menggunakan bantuan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Prestasi belajar kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran daur belajar 6 fase-jigsaw (nilai ratarata 70 9) lebih baik daripada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran daur belajar 6 fase (nilai rata-rata 64 8) berdasarkan nilai thitung sebesar 3 606 dan ttabel sebesar 1 674 sehingga secara signifikan ada perbedaan prestasi belajar (2) Kualitas proses belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran daur belajar 6 fase-jigsaw lebih baik daripada kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran daur belajar 6 fase ditunjukkan dengan nilai rata-rata afektif siswa berturut-turut adalah 3 3 dan 3 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23653

Actions (login required)

View Item View Item