Asetilasi CNSL (Cashew Nut Shell LiquidI dengan anhidrida asetat dan H2SO4 sebagai katalis / Akhmad Faris Syafruddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Asetilasi CNSL (Cashew Nut Shell LiquidI dengan anhidrida asetat dan H2SO4 sebagai katalis / Akhmad Faris Syafruddin

Syafruddin, Akhmad Faris (2012) Asetilasi CNSL (Cashew Nut Shell LiquidI dengan anhidrida asetat dan H2SO4 sebagai katalis / Akhmad Faris Syafruddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci CNSL asam anakardat asetilasi anhidrida asetat asetil anakardat kardol kardanol diasetil anakardat. Asam anakardat kardol 2-metil kardol dan kardanol adalah senyawa-senyawa fenolik penyusun CNSL (Cashew Nut Shell Liquid). Asam anakardat yang merupakan komponen utama dari CNSL adalah senyawa turunan dari asam salisilat yang mengikat gugus alkil rantai panjang. Gugus -OH fenolik dan gugus karboksil (-COOH) pada asam anakardat mirip dengan pada asam salisilat. Adanya gugus tersebut diduga senyawa tersebut dapat diasetilasi menjadi asetil anakardat yang memiliki struktrur mirip dengan aspirin. Aspirin biasanya digunakan sebagai obat penurun panas diduga asetil anakardat juga dapat digunakan sebagai obat penurun panas. Gugus alkil rantai panjang pada asam anakardat merupakan gugus pendorong elektron sehingga dapat mempengaruhi laju reaksi dan persentase hasil reaksi asetilasi. Metodologi penelitian terdiri dari empat tahap yaitu (1) ekstraksi CNSL dari kulit biji mete dengan metode refluksasi dalam pelarut heksana-etanol (3 1) (2) asetilasi CNSL dengan anhidrida asetat dan H2SO4 sebagai katalis (3) isolasi dan identifikasi senyawa hasil asetilasi CNSL (4) karakterisasi senyawa hasil reaksi asetilasi CNSL. Hasil reaksi asetilasi CNSL dianalisis dengan menggunakan KLT dan senyawa hasil asetilasinya dipisahkan dengan menggunakan kromatografi kolom. Hasil analisis spektra 1H-NMR dan IR menunjukkan senyawa tersebut adalah diasetil anakardat. Persentase diasetil anakardat dari hasil asetilasi CNSL adalah 21 87 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23647

Actions (login required)

View Item View Item