Penelitian pendahuluan pemisahan senyawa molibdenium dari batuan alam Kabupaten Tulungagung / Septa Kurniawati Solichah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penelitian pendahuluan pemisahan senyawa molibdenium dari batuan alam Kabupaten Tulungagung / Septa Kurniawati Solichah

Solichah, Septa Kurniawati (2012) Penelitian pendahuluan pemisahan senyawa molibdenium dari batuan alam Kabupaten Tulungagung / Septa Kurniawati Solichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Senyawa molibdenium batu putih pemisahan molibdenium. Batu putih merupakan salah satu jenis batuan alam yang terdapat di Kabupaten Tulungagung dan selama ini belum dimanfaatkan. Batu putih tersebut mengandung beberapa unsur atau senyawa salah satu diantaranya adalah molibdenium. Pemisahan senyawa molibdenium dari batu putih akan dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang industri dan pertanian. Pemisahan senyawa molibdenium pada penelitian bertujuan (1) mengeksplorasi metode pemisahan senyawa molibdenium dari batu putih Kabupaten Tulungagung (2) mengetahui kadar senyawa molibdenium yang diperoleh setelah pemisahan (3) mengetahui ukuran persenyawaan molibdenium dalam batu putih setelah pemisahan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris. Dilaksanakan di Laboratorium penelitian Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang dan analisis dilaksanakan di Laboratorium Central Universitas Negeri Malang. Sampel batu putih diperoleh dari Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Ada 3 tahapan dalam penelitian yaitu (1) preparasi sampel (2) pemisahan senyawa molibdenium (3) analisis kandungan unsur hasil pemisahan dilakukan dengan XRF dan SEM. Pemisahan senyawa molibdenium dilakukan menggunakan metode pengendapan bertahap dengan pereaksi NaOH 3M dan H2SO4 5M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemisahan senyawa molibdenium dari batu putih dapat dilakukan menggunakan metode pengendapan bertahap dengan pereaksi NaOH 3M dan H2SO4 5M (2) kadar senyawa molibdenium setelah pemisahan sebesar 77%. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item View Item