Studi fenomenologi meaning of life siswa SMA Negeri 1 Pamekasan / Rofiqoh - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi fenomenologi meaning of life siswa SMA Negeri 1 Pamekasan / Rofiqoh

Rofiqoh (2018) Studi fenomenologi meaning of life siswa SMA Negeri 1 Pamekasan / Rofiqoh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Rofiqoh. 2018. Studi Fenomenologi Meaning of Life Siswa SMA Negeri 1 Pamekasan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M. Pd (II) Yuliati Hotifah S. Psi. M. Pd. Kata Kunci makna hidup prestasi etnis Madura Makna hidup diartikan sebagai pandangan hidup seseorang yang tercermin dalam 3 aspek yaitu nilai-nilai kreatif nilai-nilai penghayatan dan nilai-nilai bersikap. Makna hidup juga akan sangat tercermin di Pulau Madura yang merupakan salah satu suku yang khas di Jawa Timur pandangan tersebut berupa ketaatan mereka pada agama islam yang sudah merupakan jati diri penting bagi orang Madura yang memiliki sikap ulet gigih dan pekerja keras yang mana dengan pandangan tersebut diharapkan memiliki makna hidup sebagai orang Madura. Fokus penelitian ini ialah bagaimana cara siswa mencapai makna hidup dan budaya Madura yang mempengaruhi atau tercermin dalam perilaku siswa khususnya dalam akademik. Penelitian ini dilakukan di SMA negeri 1 Pamekasan Kabupaten Pamekasan Madura yang merupakan sekolah favorit di kota Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah siswa unggul dan berprestasi di tingkat lokal dan regional. Peneliti menggunakan model kualitatif dengan menerapkan landasan berfikir fenomenologis. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik snowball sampling dengan teknik wawancara observasi dan studi dokumen dalam menggali data penelitian data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menurut Miles dan Huberman terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis tersebut diperoleh tiga simpulan hasil penelitian berdasarkan 3 aspek meaning of life. Pertama makna nilai-nilai kreatif siswa dalam mencapai prestasinya tercermin dari kerja keras dan melakukan segala usaha untuk mencapai tujuan yaitu kebahagiaan orang tua dan cita-cita studi lanjut. Memanfaatkan perkembangan teknologi bersungguh-sungguh dalam belajar dengan bertanggung jawab pada tugas sekolah yang diterima. Kedua makna nilai-nilai penghayatan tercermin dari ketaatan nilai-nilai kehidupan yang berupa nasihat dari orang tuanya melaksanakan kewajiban dengan melaksanakan ibadah wajib sholat dan puasa serta berusaha untuk menjadi orang yang bermanfaat dengan berbagi ilmu sebagai siswa yang berprestasi. Ketiga makna nilai-nilai bersikap tercermin dari rasa tabah dan pasrah kepada Allah dengan berfikir bahwa yang diterima adalah ujian bagi mereka berani menghadapi masalah yang datang serta mencari hikmah yang terjadi dari kejadian tersebut selalu bersyukur pada kemampuan yang dimiliki dan percaya bahwa manusia hanya bisa berusaha namun hasilnya dipasrahkan kepada Sang Kuasa. Ketiga nilai tersebut selaras dengan budaya suku Madura yang berpegang pada filosofi orang Madura. Nilai kreatif muncul dalam pekerja keras (bharenteng) rajin (bhajeng) memiliki kesungguhan (tarongghu) ulet dan tangguh (bilet) dalam mencari rezeki. Taat pada tangga kuasa yang menjadi hirarki budaya Madura bhupa bhabu ghuru rato (ibu-bapak guru raja) . Nilai penghayatan muncul dalam ta peggha lemang baktona (tidak putus ii melaksanakan shalat wajib yang 5 waktu) serta rajin mendalami Al-Qur an sebab ngaji bandhana akherat (mengaji modal akhirat) . Nilai bersikap muncul dalam kerras polana akerres (keras karena berkeris) sebab orang Madura memliki kecakapan dan keberanian yang tangguh. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) guru bimbingan dan konseling diharapkan untuk memberikan dorongan motivasi kepada siswa dalam pemenuhan makna hidup mereka sehingga siswa dapat mencapai tujuan hidup dengan meningkatkan prestasi yang di raih. Setelah mengetahui makna hidup siswa diharapkan guru BK dapat memberikan layanan lebih lanjut dengan layanan konseling individu. (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menyeimbangkan jumlah data setiap teknik yang digunakan dengan tujuan triangulasi yang dilakukan tidak hanya berfokus pada satu teknik saja. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan mengenai meaning of life siswa di kabupaten lain wilayah Madura dengan tujuan dapat memperkuat penelitian meaning of life etnis Madura.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item