Karakteristik enzim alkaline protease dari mikroba diisolasi dari feses Gallus gallus bankiva / Yuyun Firdausi Nuzulah - Repositori Universitas Negeri Malang

Karakteristik enzim alkaline protease dari mikroba diisolasi dari feses Gallus gallus bankiva / Yuyun Firdausi Nuzulah

Nuzulah, Yuyun Firdausi (2012) Karakteristik enzim alkaline protease dari mikroba diisolasi dari feses Gallus gallus bankiva / Yuyun Firdausi Nuzulah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci protease alkaline protease feses Gallus gallus bankiva Alkaline protease merupakan enzim yang paling banyak dimanfaatkan dalam bidang industri sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi. Penelitian terus dilakukan untuk mendapatkan enzim protease dengan karakter lebih baik yaitu stabilitas yang tinggi terhadap lingkungan serta memiliki ketahanan terhadap kondisi ekstrim termasuk pH tinggi. Enzim protease yang dapat bertahan pada kondisi pH alkali ini disebut alkaline protease. Permasalahan yang diteliti pada penelitian ini adalah (1) Apakah pada feses Gallus gallus bankiva terdapat mikroba yang menghasilkan enzim alkaline protease ekstraseluler (2) Berapa temperatur dan pH optimum ekstrak kasar alkaline protease yang dihasilkan mikroba dan (3) Berapa aktivitas spesifik ekstrak kasar alkaline protease yang dihasilkan mikroba. Penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap utama yaitu screening atau pencarian mikroba penghasil protease ekstraseluler pada feses Gallus gallus bankiva analisis fenotipe untuk mengetahui spesies mikroba terpilih penentuan waktu produksi protease optimum dan karakterisasi ekstrak kasar protease. Karakterisasi meliputi penentuan temperatur optimum pH optimum dan aktivitas spesifik. Berdasarkan hasil screening diperoleh mikroba pada feses Gallus gallus bankiva menghasilkan enzim protease ekstraseluler. Uji fenotipe yang dilakukan memberikan hasil bahwa spesies mikroba terpilih adalah bakteri Pseudomonas sp. Produksi protease secara optimum terjadi pada waktu 66 jam produksi. Hasil karakterisasi menunjukkan bahwa ekstrak kasar protease yang dihasilkan Pseudomonas sp pada penelitian ini merupakan alkaline protease dengan pH optimum 12 temperatur optimum 39 C dan aktivitas spesifik sebesar 0 522 U/mg. Penelitian selanjutnya disarankan untuk meningkatkan aktivitas spesifik protease yaitu dengan optimasi media pemurnian enzim perbaikan metode pengujian aktivitas dan pembuatan bahan (tirosin dan kasein) serta karakterisasi enzim lebih terperinci.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23637

Actions (login required)

View Item View Item