Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik dan grafik pada materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI SMAN 1 Sooko Mojokerto / Tri Martinsari, - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik dan grafik pada materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI SMAN 1 Sooko Mojokerto / Tri Martinsari,

Martinsari, Tri (2012) Identifikasi pemahaman konseptual, algoritmik dan grafik pada materi kesetimbangan kimia siswa kelas XI SMAN 1 Sooko Mojokerto / Tri Martinsari,. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pemahaman konsep algoritmik grafik kesetimbangan kimia Kesetimbangan kimia merupakan salah satu topik pada pelajaran kimia yang mencakup 3 aspek pemahaman yaitu aspek pemahaman konseptual algoritmik dan grafik. Dalam kenyataannya pembelajaran kesetimbangan cenderung lebih menekankan pada pemahaman algoritmik sehingga siswa cenderung memiliki pemahaman yang lebih rendah untuk aspek konseptual dan aspek grafik. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan antara pemahaman konseptual algoritmik dan grafik siswa (2) mengetahui apakah terdapat siswa yang mampu menjawab benar pada aspek pemahaman konseptual algoritmik dan grafik (3) mengetahui bagaimana perbandingan pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik pemahaman algoritmik dan pemahaman grafik serta pemahaman konseptual dan pemahaman grafik dalam materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Sooko yang terdiri dari 7 kelas yang homogen. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian adalah pemahaman siswa yang diperoleh dari tes obyektif berjumlah 24 soal dengan validitas isi sebesar 89 6% dan koefisien reliabilitas soal konseptual sebesar 0.68 koefisien reliabilitas soal algoritmik sebesar 0.64 serta koefisien reliabilitas soal grafik sebesar 0 78 yang dihitung dengan persamaan Alpha Cronbach. Data penelitian berupa skor total tes pemahaman konseptual algoritmik dan grafik dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan antara pemahaman konseptual algoritmik dan grafik. Pemahaman konseptual lebih tinggi dibandingkan pemahaman algoritmik yang juga lebih tinggi daripada pemahaman grafik (2) Siswa kelas XI yang mampu menjawab benar pada aspek pemahaman konseptual algoritmik dan grafik dalam materi kesetimbangan kimia sebesar 6 4% (3) Pada topik kesetimbangan kimia pemahaman konseptual hampir sama dengan pemahaman algoritmik pemahaman algoritmik lebih baik dibandingkan pemahaman grafik dan pemahaman konseptual lebih baik dibandingkan pemahaman grafik pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23635

Actions (login required)

View Item View Item