Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari ZnBr2 dan Znl2 dengan ligan 2,2'-bipiridina / Ningsih Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari ZnBr2 dan Znl2 dengan ligan 2,2'-bipiridina / Ningsih Wahyuni

Wahyuni, Ningsih (2012) Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari ZnBr2 dan Znl2 dengan ligan 2,2'-bipiridina / Ningsih Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci ZnBr2 ZnI2 2 2 -bipiridina Senyawa Kompleks 2 2 -Bipiridina (C10H8N2) merupakan ligan bidentat karena memiliki dua atom donor N. Dua atom donor tersebut cenderung berkoordinasi pada ion pusat yang sama sehingga terbentuk kompleks sepit. Senyawa kompleks dari ZnBr2 dan ZnI2 dengan 2 2 -bipy pada stoikiometri 1 2 belum disintesis dan dilaporkan strukturnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1) struktur senyawa kompleks hasil reaksi dari ZnBr2 dan ZnI2 dengan ligan 2 2 -bipy pada stoikiometri 1 2 2) pengaruh perbedaan ion pengimbang bromida dan iodida terhadap jumlah ligan 2 2 -bipy yang terkoordinasi dalam senyawa kompleks hasil sintesis. Penelitian merupakan eksperimental laboratorium dengan dua tahap yaitu 1) sintesis senyawa kompleks 2) karakterisasi dan identifikasi senyawa kompleks. Sintesis dilakukan dengan metode langsung dari garam ZnBr2 ZnI2 dengan ligan 2 2 -bipy perbandingan stoikiometri 1 2 dalam dua macam pelarut yaitu MeCN dan MeCN-EtOH. Kristal hasil sintesis dikarakterisasi dengan instrumentasi titik lebur daya hantar listrik (DHL) uji kualitatif anion dan kandungan unsur dengan EDX (Energy Dispersive X-Ray) struktur kompleks yang terbentuk diprediksi berdasarkan hasil EDX menggunakan software hyperchem. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) senyawa kompleks hasil reaksi dari ZnBr2 dan ZnI2 dengan ligan 2 2 -bipy pada stoikiometri 1 2 merupakan kompleks ionik diprediksi memiliki rumus molekul [Zn(2 2 -bipy)2]X2 (X Br- I-) dengan geometri tetrahedral 2) ion pengimbang bromida dan iodida tidak berpengaruh pada jumlah ligan 2 2 -bipy yang terkoordinasi dalam senyawa kompleks hasil sintesis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item View Item