Pengaruh variasi garam amonium(Nh4cl (Nh4)2C2O4,(Nh4)2So4)pada aktifitasi zeolit-ni sebagai adsorben gas buang sepeda motor bensin 4 tak / Faisol Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi garam amonium(Nh4cl (Nh4)2C2O4,(Nh4)2So4)pada aktifitasi zeolit-ni sebagai adsorben gas buang sepeda motor bensin 4 tak / Faisol Hidayat

Hidayat, Faisol (2012) Pengaruh variasi garam amonium(Nh4cl (Nh4)2C2O4,(Nh4)2So4)pada aktifitasi zeolit-ni sebagai adsorben gas buang sepeda motor bensin 4 tak / Faisol Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci zeolit nikel adsorpsi kadar gas buang Perkembangan otomotif terutama sepeda motor yang cukup pesat telah memberikan kemudahan kepada manusia dalam aktivitas hidupnya tetapi dampak negatif yang ditimbulkan tetap ada terutama polusi udara. Polusi udara dari sepeda motor tersebut berupa gas CO CO2 dan hidrokarbon rantai rendah sangat berbahaya bagi manusia seperti gangguan pernapasan dan kanker kulit. Zeolit yang merupakan kristal aluminosilikat terhidrasi yang mempunyai kemampuan adsorpsi tinggi sehingga dapat dijadikan adsorben gas CO CO2 dan hidrokarbon rantai rendah dari sepeda motor. Untuk mendapat hasil adsorpsi yang optimal maka zeolit alam diaktivasi dan impregnasi dengan ion logam. Jenis garam amonium sangat berpengaruh terhadap keasamaan padatan harga rasio Si/ Al dan kemampuan adsorpsi dari zeolit. Zeolit dengan keasamaan padatan dan harga rasio Si/Al yang tinggi memiliki kemampuan adsorptivitas yang tinggi terhadap gas buang dari sepeda motor. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh variasi jenis garam amonium terhadap keasamaan padatan harga rasio Si/ Al zeolit dan kemampuannya mengadsorpi gas CO CO2 dan hidrokarbon rantai rendah dari sepeda motor. Dalam penelitian ini sampel zeolit yang digunakan berukuran 100-120 mesh. Proses aktivasi sampel zeolit alam dilakukan dengan merendam terlebih dahulu ke dalam larutan HF 1% dan HCl 6 M dan larutan amonium (amonium klorida amonium oksalat dan amonium sulfat) dengan konsentrasi masing-masing 1 M yang diikuti pemanasan pada suhu 750oC. Kemudian diimpregnasi melalui perendaman dengan larutan NiCl2.4H2O dan dipanaskan pada suhu 8000C di dalam furnace selama 4 jam.Dari proses aktivasi dan impregnasi tersebut diperoleh Z-Ni1 (zeolit alam diaktivasi dengan amonium klorida) Z-Ni2 (zeolit alam diaktivasi dengan amonium oksalat) Z-Ni3 (zeolit alam diaktivasi dengan amonium sulfat). Karakterisasi sampel zeolit meliputi keasaman padatan dan rasio Si/ Al zeolit. Uji adsorpsivitas sampel zeolit dilakukan terhadap gas CO CO2 dan hidrokarbon rantai rendah dari sepeda motor dengan waktu 15 25 dan 40 menit. Hasil penelitian menunjukkan zeolit alam yang diaktivasi dengan garam amonium sulfat dan diimpregnasi dengan logam Nikel lebih efektif untuk meningkatkan jumlah keasamaan dan rasio Si/ Al yaitu adalah 3 725 dan 6.878. Z-Ni3 (zeolit alam diaktivasi dengan amonium sulfat dan diimpregnasi dengan logam Nikel) mempunyai kemampuan adsorpsi yang lebih besar terhadap gas CO (64.82%) CO2 (60 00%) dan hidrokarbon rantai rendah (10 95%) dari sepeda motor serta mencapai titik jenuh pada waktu 40 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23610

Actions (login required)

View Item View Item