Tingkat stres akademik siswa SMP / Olga Nitami - Repositori Universitas Negeri Malang

Tingkat stres akademik siswa SMP / Olga Nitami

Nitami, Olga (2018) Tingkat stres akademik siswa SMP / Olga Nitami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nitami Olga. 2017. Tingkat Stres Akademik Siswa SMP. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. IM. Hambali M.Pd (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci Tingkat Stres Akademik Siswa SMP Ujian Nasional. Pendidikan selalu melibatkan aspek psikologis. Dalam kegiatan pembelajaran prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Prestasi belajar dapat dimanifestasikan dalam bentuk nilai atau skor yang merupakan indikator perolehan pengetahuan. Semakin baik usaha belajar semakin baik pula prestasi yang dicapai dan pasti semakin baik juga nilai yang dihasilkan. Ujian Nasional merupakan tes beresiko tinggi. Ujian Nasional dapat dikatakan sebagai penyebab stres bagi siswa yang akan menghadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat stres akademik siswa SMP dalam menghadapi Ujian Nasional. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 76 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti tingkat stres akademik siswa SMP dalam menghadapi Ujian Nasional. Hasil validasi berupa angket diperoleh 36 pertanyaan yang valid dari 36 pertanyaan yang disebar dan reliabilitas dari variabel tingkat stres 0 970 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 22. Hasil analisis data diperoleh sebagian siswa mengalami kategori stres akademik sangat tinggi berjumlah 14% kategori stres akademik tinggi sebesar 60 3% dan kategori stres akademik rendah sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengalami stres akademik saat menghadapi Ujian Nasional adalah tergolong tinggi yaitu sebesar 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2361

Actions (login required)

View Item View Item