Pembuatan membran selulosa asetat dari nata de coco untuk memisahkan gas NOx pada asap rokok / Tia Kusuma Winahyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan membran selulosa asetat dari nata de coco untuk memisahkan gas NOx pada asap rokok / Tia Kusuma Winahyu

Winahyu, Tia Kusuma (2011) Pembuatan membran selulosa asetat dari nata de coco untuk memisahkan gas NOx pada asap rokok / Tia Kusuma Winahyu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Gas NOX Asap Rokok Membran Selulosa Asetat Nata de Coco. Gas NOX merupakan salah satu dari sekian banyak senyawa yang terkandung pada asap rokok. Gas NOX memiliki dua macam bentuk yang sifatnya berbeda yaitu gas NO2 dan gas NO. Sifat gas NO2 adalah berwarna dan berbau sedangkan gas NO tidak berwarna dan tidak berbau. Pada asap rokok gas NO yang pertama terbentuk dan dengan sangat cepat teroksidasi menjadi gas NO2. Kedua macam gas tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode membran untuk memisahkan gas NOX pada asap rokok. Membran yang digunakan merupakan membran selulosa asetat yang berasal dari selulosa bakterial yaitu nata de coco. Nata de coco adalah hasil fermentasi air kelapa menggunakan bakteri Acetobacter xylinum. Kandungan utama nata de coco adalah selulosa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil sintesis membran selulosa asetat dari nata de coco dengan perbandingan berat nata de coco dengan volume asam asetat glasial yaitu 3 g 20 mL dan 3 g 25 mL bila ditinjau dari penentuan gugus fungsi menggunakan FT-IR dan analisis morfologi permukaan membran dengan SEM (2) untuk mengetahui efektifitas membran selulosa asetat dari nata de coco dalam memisahkan gas NOX dari asap rokok. Penelitian ini bersifat penelitian eksperimental laboratorium yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) pembuatan nata de coco (2) pemurnian nata de coco (3) pembuatan membran selulosa asetat dari nata de coco (4) penentuan gugus fungsi pada membran dengan menggunakan FT-IR (5) analisis morfologi permukaan membran dengan menggunakan SEM (6) pembuatan larutan NO2-10 ppm (7) pembuatan larutan indikator NOX (8) pembuatan larutan standar (9) penentuan kadar gas NOX menggunakan membran dengan perbandingan berat nata de coco dan volume asam asetat glasial 3 20 dan 3 25. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah (1) Kedua membran selulosa asetat dari nata de coco yang dihasilkan berbentuk lembaran berwarna putih dengan ketebalan 0 7 mm. Muncul pita vibrasi pada bilangan gelombang antara 1550-1950 cm-1 milik gugus asetil (CH3C O) pada hasil FT-IR kedua membran menunjukkan membran selulosa asetat namun hasil foto permukaan membran menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM) kurang memberikan kontribusi karena gambar yang dihasilkan kurang jelas (2) gas NOX yang terserap pada membran selulosa asetat dengan perbandingan berat nata de coco yang digunakan dengan volume asam asetat glasial 3 g 20 mL kadarnya sebesar 59 61% sedangkan dengan perbandingan 3 g 25 mL kadarnya sebesar 61 54% sehingga membran selulosa asetat dari nata de coco yang dihasilkan efektif dalam memisahkan gas NOX dari asap rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23598

Actions (login required)

View Item View Item