Sintesis dan karakterisasi senyawa koordinasi perak(I) nitrat dengan ligan etilenatiourea / Rokiy Alfanaar - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa koordinasi perak(I) nitrat dengan ligan etilenatiourea / Rokiy Alfanaar

Alfanaar, Rokiy (2011) Sintesis dan karakterisasi senyawa koordinasi perak(I) nitrat dengan ligan etilenatiourea / Rokiy Alfanaar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci kompleks perak(I) ligan Etilenatiourea X-ray Powder Etilenatiourea merupakan senyawa turunan tiourea yang memiliki sifat menarik saat membentuk ikatan kovalen koordinasi dengan ion perak(I) karena hanya membentuk satu ikatan koordinasi dengan ion perak(I) meskipun memiliki tiga atom yang dapat bertindak sebagai atom donor. Sintesis kompleks perak(I) nitrat dengan Etilenatiourea pada perbandingan stokiometri 1 1 belum dilakukan. Tujuan penelitian adalah 1) menentukan metode sintesis senyawa koordinasi perak(I) nitrat dengan Etilenatiourea dengan perbandingan stokiometri 1 1 2) mengkarakterisasi hasil sintesis dengan metode tersebut dan 3) memprediksikan struktur senyawa koordinasi hasil sintesis pada energi terendah. Penelitian merupakan eksperimental laboratorium dengan tiga tahap yaitu sintesis kristalisasi dan karakterisasi senyawa koordinasi. Sintesis dilakukan dengan metode langsung pada perbandingan stokiometri 1 1 dalam dua macam pelarut yaitu air panas-MeCN dan etanol. Kristal hasil sintesis dikarakterisasi dengan instrumentasi SEM-Edax dan Difraksi Sinar-X serbuk struktur kompleks yang terbentuk diprediksi berdasarkan hasil Edax menggunakan software hyperchem. Hasil penelitian menunjukkan senyawa koordinasi perak(I) nitrat dengan ligan Etilenatiourea dapat disintesis langsung dalam pelarut air panas-MeCN dan etanol. Senyawa hasil sintesis memiliki fasa kristal berbeda dengan pereaksi sintesis dan diprediksi memiki rumus molekul [Ag(etu)(NO3)]2 merupakan kompleks dimer pada energi terendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23587

Actions (login required)

View Item View Item