Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar (LC-6E) terhadap belajar siswa kelas XI IPA SMAN 6 Malang pada pokok bahasan Hidrolisis garam / Denok Puryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar (LC-6E) terhadap belajar siswa kelas XI IPA SMAN 6 Malang pada pokok bahasan Hidrolisis garam / Denok Puryanti

Puryanti, Denok (2011) Pengaruh penerapan model pembelajaran daur belajar (LC-6E) terhadap belajar siswa kelas XI IPA SMAN 6 Malang pada pokok bahasan Hidrolisis garam / Denok Puryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci learning cycle 6E hasil belajar hidrolisis garam. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruktivistik yang dapat melibatkan peran aktif siswa adalah learning cycle. Siswa diharapkan membangun sendiri pengetahuannya dengan demikian diharapkan pengetahuan yang dimiliki siswa menjadi lebih bermakna sehingga siswa dapat menguasai kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran. Dengan demikian diharapkan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran learning cycle 6E dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran ekpository pada pokok bahasan hidrolisis garam. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksperimental semu (quasy experimental design). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 6 Malang tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian dipilih secara acak kelas sehingga diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran LC 6E sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekpository. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen tes di uji coba dan kemudian hasilnya dianalisis hasil uji validitas butir soal didapatkn nilai rhitung rtabel untuk semua soal tes sehingga semua butir soal adalah valid. Hasil uji reliabilitas didapatkan nilai 945 (0 896) rtabel (0 316) untuk soal tes pilihan ganda dan nilai 945 (0 92) rtabel (0 316) menunjukkan bahwa semua soal tes adalah reliabel. Analisis data penelitian menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan signifikansi 945 0 05 dan analisis deskriptif untuk persepsi siswa terhadap model pembelajaran LC 6E. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran daur belajar (LC 6E) lebih tinggi daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran ekpository. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji-t satu pihak dengan nilai thitung 7 164 dengan ttabel 1 991(thitung 8805 ttabel) pada data hasil belajar yang diukur dengan instrumen pilihan ganda dan thitung 11 409 dengan ttabel 1 991(thitung 8805 ttabel) pada data hasil belajar yang diukur dengan instrumen esay. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 86 88 dan 88 58 sedangkan kelas kontrol sebesar 70 26 dan 62 46. Selain itu siswa juga menunjukkan persepsi yang positif terhadap pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran LC 6E dengan persentase sebesar 77 60%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23578

Actions (login required)

View Item View Item