Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari garam Zn(NO3)2 dengan ligan etilentiourea / Bagus Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari garam Zn(NO3)2 dengan ligan etilentiourea / Bagus Setyawan

Setyawan, Bagus (2011) Sintesis dan karakterisasi senyawa kompleks dari garam Zn(NO3)2 dengan ligan etilentiourea / Bagus Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci Ligan Etu Senyawa Kompleks Ligan memiliki atom-atom donor yang dapat membentuk ikatan kovalen koordinasi dengan atom atau ion logam. Etilentiourea (etu) memiliki atom donor N dan S dengan pasangan elektron bebas sehingga etu dapat berperan sebagai ligan. Senyawa koordinasi menggunakan ligan etu yang telah disintesis memiliki ion pusat logam transisi golongan 11 sedangkan dengan ion logam golongan 12 (ion Zn(II) Cd(II) dan Hg(II)) belum banyak disintesis. Penelitian bertujuan mensintesis senyawa kompleks menggunakan ion pusat Zn(II) dengan ligan etu. Pada sintesis senyawa kompleks digunakan garam Zn(NO3)2.4H2O dengan ligan etu. Sintesis senyawa kompleks dilakukan pada perbandingan stoikiometri 1 2 1 3 dan 1 4. Penelitian dibagi menjadi dua bagian yaitu (1) sintesis senyawa kompleks dan (2) karakterisasi dan identifikasi senyawa kompleks meliputi (a) titik lebur (b) identifikasi unsur senyawa kompleks dengan SEM-EDAX (c) identifikasi puncak-puncak difraksi dengan difraksi sinar-x serbuk dan (d) uji daya hantar listrik (DHL). Senyawa kompleks berhasil disintesis pada perbandingan stoikiometri sebesar 1 2 berupa kristal jarum bewarna putih dengan titik lebur 216-218 C. Hasil uji SEM-EDAX diperoleh persen atomik 04 03% Zn dan 07 64% S sesuai dengan perbandingan stoikiometri 1 2. Hasil uji DHLnya adalah 8 0.102 937 -1 mendekati nilai daya hantar pelarut asetonitril sebesar 4 4.102 937 -1 membuktikan senyawa kompleks hasil sintesis bersifat netral. Senyawa kompleks diprediksi memiliki rumus molekul [Zn(etu)2(NO3)2] dengan geometri oktahedral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23554

Actions (login required)

View Item View Item