Sintesis senyawa hidroksi ester dari minyak jarak Cina (Castrol Oil) / Yuyun Musabbikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis senyawa hidroksi ester dari minyak jarak Cina (Castrol Oil) / Yuyun Musabbikha

Musabbikha, Yuyun (2011) Sintesis senyawa hidroksi ester dari minyak jarak Cina (Castrol Oil) / Yuyun Musabbikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci minyak jarak cina (castrol oil) biopelumas senyawa hidroksi ester epoksidasi pembukaan cincin epoksida. Pemanfaatan minyak jarak cina (castrol oil) sebagai pelumas sangat terbatas karena hanya untuk digunakan pada mesin hidroulik. Hal ini dikarenakan viskositasnya yang tinggi. Selain itu ikatan rangkap dalam minyak jarak cina mudah teroksidasi karena penyusun utama minyak jarak cina adalah asam risinoleat (asam 12-hidroksi-cis-9-oktadekenoat). Pengubahan ikatan rangkap dalam minyak jarak menjadi gugus ester akan meningkatkan ketahanannya terhadap oksidasi. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah 1) epoksidasi minyak jarak dengan asam peroksi format 2) pembukaan cincin epoksida dengan asam format membentuk senyawa hidroksi ester. Analisis dan identifikasi senyawa hasil dilakukan dengan kromatografi lapis tipis dan spektrometri IR. Karakterisasi senyawa hasil sintesis menggunakan indeks bias dan viskositas. Hasil penelitian menunjukkan ikatan rangkap dalam minyak jarak cina dapat diubah menjadi hidroksi ester. Hal ini dapat dilihat pada hasil spektrum IR nya. Senyawa ini diperoleh dari reaksi epoksidasi minyak dengan peroksiformat pada suhu 4 C selama 16 jam dan pembukaan cincin dengan asam format pada suhu 100 C selama 6 jam. Viskositas senyawa hasil adalah 7 74 Nsm-2 viskositas ini lebih besar dari viskositas minyak jarak yaitu 5 74 Nsm-2 Hal ini disebabkan oleh terbentuknya gugus -OH dan ester sehingga ikatan hidrogen antar molekulnya makin kuat. Indeks bias senyawa hasil sintesis 1 465 angka ini lebih kecil dari indeks bias minyak jarak yaitu 1 473-1 477.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23551

Actions (login required)

View Item View Item