Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa madrasah tsanawiyah / Nugroho Widiatmoko - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa madrasah tsanawiyah / Nugroho Widiatmoko

Widiatmoko, Nugroho (2018) Pengembangan panduan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa madrasah tsanawiyah / Nugroho Widiatmoko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Widiatmoko Nugroho. 2017. Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Meningkatkan Perilaku Jujur Siswa Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci bimbingan kelompok teknik diskusi jujur Bimbingan kelompok merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan kepada individu dalam situasi kelompok. Bimbingan kelompok ditujukan untuk mencegah timbulnya masalah pada siswa dan mengembangkan potensi siswa. Berdasarkan hasil pengumpulan data dengan angket diketahui bahwa sebagian siswa memiliki tingkat kejujuran yang rendah. Oleh Karena itu peneliti mengembangkan panduan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Borg Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah 1) tahap I Pengumpulan data 2) tahap II Perencanaan 3) tahap III Pengembangan produk 4) tahap IV Revisi produk. Produk yang dihasilkan adalah panduan penggunaan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningktkan perilaku jujur siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Purwoasri. Pada buku panduan terdapat tiga kali pertemuan terdapat tiga materi yaitu definisi kejujuran pada pertemuan pertama manfaat berperilaku jujur padad pertemuan kedua penerapan berperilaku jujur pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna produk serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan dapat disimpulkan bahwa produk ini sudah memenuhi syarat keberterimaan secara teoritis dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan buku panduan ini terdapat materi yang harus dikuasai oleh pengguna buku sehingga disarankan konselor sebagai pengguna produk untuk mempelajari buku panduan panduan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa. Bagi peneliti selanjutnya karena pengembangan ini hanya sampai pada uji kelompok kecil maka hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan kelompok teknik diskusi untuk meningkatkan perilaku jujur siswa MTs Negeri Purwoasri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item