Optimasi degradasi residu antibiotik sefalosporin dalam susu sapi segar dengan enzim B-laktamase / Chandra Yati - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi degradasi residu antibiotik sefalosporin dalam susu sapi segar dengan enzim B-laktamase / Chandra Yati

Yati, Chandra (2011) Optimasi degradasi residu antibiotik sefalosporin dalam susu sapi segar dengan enzim B-laktamase / Chandra Yati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Beta-laktamase Sefalosporin antibiotik dalam susu. Susu sapi segar yang diproduksi oleh sapi yang sedang mengalami pengobatan antibiotik seringkali mengandung residu antibiotik. Keberadaan antibiotik dalam air susu menyebabkan pasokan susu tersebut ditolak oleh Pabrik pengolahan susu. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk mendegradasi antibiotik dalam susu segar. Optimasi degradasi antibiotik merupakan suatu upaya untuk menghilangkan cemaran-cemaran antibiotik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dosis dan waktu optimum enzim Beta-laktamase yang dapat mendegradasi Sefalosporin dalam larutan susu sapi segar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris yang dilakukan di laboratorium FMIPA UM yang berlangsung antara September 2007 Maret 2008. Tujuan penelitian ini dicapai melalui tiga tahapan percobaan yaitu (1) uji coba degradasi antibiotik dengan enzim Beta-laktamase komersial (2) menentukan dosis optimum enzim dalam mendegradasi antibiotik (Sefalosforin) dalam susu dan (3) menentukan waktu optimal Beta-laktamase komersial pada dosis optimum dalam mendegradasi antibiotik (Sefalosforin) dalam susu. Untuk mendeteksi keberadaan antibiotik (Sefalosforin) digunakan kit Betastar. Degradasi dilakukan dengan menggunakan sampel susu tercemar buatan yang mempunyai kadar antibiotik lebih besar daripada konsentrasi antibiotik yang mungkin ada di sampel sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cemaran antibiotik (sefalosforin) dalam air susu sapi segar dapat didegradasi dengan enzim Beta-laktamase dan (2) 0 1 mg enzim _-laktamase secara optimum dapat mendegradasi 4 425 _mol sefalosporin pada suhu 250C pH 7 dan waktu inkubasi 20 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23549

Actions (login required)

View Item View Item