Optimasi produksi enzim sistem selulase dari Bacillus coagulans / Husniyatul Iffah - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi produksi enzim sistem selulase dari Bacillus coagulans / Husniyatul Iffah

Iffah, Husniyatul (2011) Optimasi produksi enzim sistem selulase dari Bacillus coagulans / Husniyatul Iffah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Optimasi Selulase Bacillus coagulans Sistem selulase merupakan campuran dari beberapa selulase berbeda yang dapat menghidrolisis selulosa menjadi glukosa. Sistem selulase dapat dihasilkan dari bakteri Bacillus pada media yang mengandung sumber karbon komplek seperti selulase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pH dan waktu inkubasi optimum serta konsentrasi avicel yang diperlukan untuk produksi sistem selulase Bacillus coagulans serta mengetahui kemampuan sistem selulase Bacillus coagulans yang dihasilkan dalam menghidrolisis lignoselulosa dalam limbah pertanian. Penelitian ini merupakan penelitian laboratoris yang dilakukan melalui dua tahap percobaan. Tahap pertama adalah penentuan kondisi optimum produksi sistem selulase dari spesies Bacillus coagulans meliputi variasi pH waktu inkubasi dan konsentrasi avicel sebagai induser. Pertumbuhan dilakukan pada pH 7 0 9 0 dan 10 variasi waktu inkubasi dilakukan pada masing-masing pH yaitu 3 5 dan 7 hari. Konsentrasi avicel optimum ditentukan dengan memvariasi avicel yaitu 0 0 1 0 2 0 3 0 4 dan 0 5 % (w/v) pada pH dan waktu pertumbuhan optimum. Tahap kedua adalah penentuan kemampuan sistem selulase yang dihasilkan dalam mendegradasi subtrat lignoseluosa yang diuji yaitu ampas tebu bonggol jagung sekam padi serbuk gergaji dan sabut kelapa. Pertumbuhan bakteri diamati melalui kadar protein yang terdapat pada medium. Aktivitas sistem selulase yang diamati adalah aktivitas CMCase dan avicelase yang ditentukan berdasarkan jumlah glukosa yang dihasilkan. Berdasarkan penelitian diperoleh kondisi optimum produksi sistem selulase dari Bacillus coagulans yang ditumbuhkan dalam media Berg adalah pada pH 10 waktu inkubasi selama 7 hari dan konsentrasi avicel 0 5%. Pada kondisi ini dihasilkan aktivitas CMCase sebesar 102 7 U/mL dan aktivitas avicelase sebesar 13 19 U/mL. Kemampuan sistem selulase Bacillus coagulans dalam mendegradasi subtrat 0 06 g lignoselulosa berupa ampas tebu bonggol jagung sekam padi sabut kelapa dan serbuk gergaji pada buffer fosfat pH 7 sebanyak 1 mL dengan kondisi suhu 500C selama 2 jam berturut-turut menghasilkan glukosa sebesar 355 56 mg 266 68 mg 222 24 mg 44 44 mg dan 177 76 mg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23538

Actions (login required)

View Item View Item