Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bentuk dan gaya antar molekul di kelas XI SMA Negeri 01 Tumpang tahun ajaran 20102011 / Ahmad Suaidi- - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bentuk dan gaya antar molekul di kelas XI SMA Negeri 01 Tumpang tahun ajaran 20102011 / Ahmad Suaidi-

Suaidi, Ahmad (2010) Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok bentuk dan gaya antar molekul di kelas XI SMA Negeri 01 Tumpang tahun ajaran 20102011 / Ahmad Suaidi-. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Hasil Belajar Kimia Inkuiri Terbimbing Bentuk dan Gaya Antar Molekul Kimia merupakan mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh siswa karena mengandung banyak konsep abstrak seperti materi bentuk molekul dan gaya antar molekul. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak siswa adalah dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Metode ini dapat menjadikan siswa aktif melatih siswa berpikir kritis melatih siswa melakukan kerja ilmiah dan memudahkan siswa dalam memperoleh konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok bentuk dan gaya antar molekul dan menggambarkan persepsi siswa kelas XI SMAN 01 Tumpang terhadap penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 01 Tumpang dengan sampel kelas XI IA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IA-2 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2010-2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa instrumen pembelajaran yaitu silabus RPP dan LKS dan instrumen pengukuran hasil belajar yaitu tes tertulis dengan reliabilitas 0 654 yang divalidasi ahli oleh dua dosen kimia Universitas Negeri Malang dan satu guru kimia SMA Negeri 01 Tumpang. Data penelitian berupa data kemampuan awal hasil belajar dan persepsi siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t dua pihak menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil uji-t yang dilakukan (t-hitung t-tabel). Faktor penyebab hipotesis ditolak adalah waktu belajar siswa yang digunakan cukup singkat (3x pertemuan) sehingga belum menimbulkan pengaruh yang dapat diamati dari hasil belajar siswa dan karakteristik materi bentuk dan gaya antar molekul yang banyak mengandung konsep abstrak. Persepsi siswa terhadap penerapan metode inkuiri terbimbing sangat positif dilihat dari hasil skor angket 100% siswa termasuk kriteria sangat positif dalam menjawab angket tentang penerapan metode inkuiri terbimbing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23534

Actions (login required)

View Item View Item