Pengembangan modul bahan kimia di rumah tangga menurut model daur belajar (leaarning cycle) untuntuk pembelajaran sains-kimia SMP kelas vii sesuai dengan kurikulum SMP 2004 oleh Rita Susilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul bahan kimia di rumah tangga menurut model daur belajar (leaarning cycle) untuntuk pembelajaran sains-kimia SMP kelas vii sesuai dengan kurikulum SMP 2004 oleh Rita Susilawati

Susilawati, Rita (2010) Pengembangan modul bahan kimia di rumah tangga menurut model daur belajar (leaarning cycle) untuntuk pembelajaran sains-kimia SMP kelas vii sesuai dengan kurikulum SMP 2004 oleh Rita Susilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2004 merupakan kunkulum berbasis kompetensi yang akan diberlakukapne merintahs ebagapi enggantik urikulum 1994.K urikulum 2004 mempunyapi aradigmay ang berbedad engank urikutum 1994s ehinggam embawa konsekuenspia dap rosesp embelajaranm ateri guru dan sekolah.S elaini tu kurikutumZ OO4m imuat bahank ajian kimia di SMP yang sebelumnyati dak ada. Dalamr angkam enyambutp elaksanaanK wikulum 2004 dan sepertia njuran kurikulumb erbasisk ompetensi d iperlukanp erangkata taum ediap engajaran misalnyabahana jar. Bahana jar seyogyanyab ersifat mandiri yaitu dapatd ipelajan oleh siiwa sendiri baik di sekolah maupun di tempat lain. Sblah satu bentuk bahan ajart ersebuat dalahm odul pembelajaranP. adap enelitiani ni dikembangkanm odul pembelajarabna hank imia di rumaht anggam enggunakanm odel daur belalar (LearnrngCycle)urftupke mbelajarasna insk imia di SMPK elasV II yangm enacu padaKurikulum2 004. Langkah-langkahp engembangamn odul antaral ain mengkajik urikulum dan menetapkarimateyria ng ikan dikembangkanm engkajip endekatanp embelajaran analisiss umberb elajar m enyuslmm odul pembelajaranm elakukanv alidasi analisis data m elaksanakarne visi dan memproduksim odul pembelajaranv. alidasi yang dilalrukana dalahv alidasi isi (content)y aitu untuk mengetahuki etepaland an kesesuaiains i dengank urikulum ketepatand an kesesuaiank egiatanb elajard engan model learning ycte tiga fase sertak ernenafikanm odul secarau murn.V alidator yang dipiliha dalah2 dosenJ urusanK imia UM dan 5 guruS ainss MP Negertm aupun SMP swasta di Malang. Modul hasil pengembangatne rdiri dari duab agiany aitu bagianp endahuluan antarala in halamanju dul kata pengantard aftar isi daftart abel daftar gambar panduanb agi penggunam odul dan pendahuluan(s ekilast entangb ahank imia di rumah tangga) setta bagia.t isi yang terdiri dari 4 kegiatan belajar yattg za.t pembersih iitp emutih z atp ewangi d anp embasmsi eranggaS. etiapk egiatanb elajar ierdiri clarib eberapak omponeny aitu subj udul kompetensid asar i ndikator hasil belajar u raianf aktual menuju uraiank onseptual t ahapan-tahapalne arningc ycle tiga fase( ekplorasi p engenalank onsep d an aplikasi konsep)y ang dldalamnya.terdapat lembark erjas iswa u raianm ateri d ans oal-soaal plikasi.S elaini tu setiapk egiatan belajar drlingftapi rangtuman daftar pustaka dan kunci jawaban. Hasil validasi menunjukkanb ihwa modul yang disusuna dalahv alid meskipunt erdapatb eberapa saranu ntuk perbaikanm odul. Setelahd irevisi modul pembelajaranb ahank imia di rumaht anggi ini dapatd igunakand alamk egiatanp embelajarand i sekolahd alam rangkap erielapanI( urikulum 2004.u ntuk kesempumaanm odul disarankanu ntuk melakukanv alidasi empirik padas iswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23516

Actions (login required)

View Item View Item