Identifikasi kesiapan guru IPA (Sains) pada beberapa SMP Negeridi Pamekasan dalam melaksanakan pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2004 (kurkulum berbasis kompetensi) oleh Titik Heni Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesiapan guru IPA (Sains) pada beberapa SMP Negeridi Pamekasan dalam melaksanakan pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2004 (kurkulum berbasis kompetensi) oleh Titik Heni Wulandari

Wulandari, Titik Heni (2010) Identifikasi kesiapan guru IPA (Sains) pada beberapa SMP Negeridi Pamekasan dalam melaksanakan pembelajaran kimia berdasarkan kurikulum 2004 (kurkulum berbasis kompetensi) oleh Titik Heni Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum 2004 merupakan kurikulum berbasis kompetensi yang akan diberlakukan pemerintah sebagai pengganti kurikulum 1994. Kurikulum 2004 mempunyai paradigma yang berbeda dengan kurikulum 1994 sehingga membawa konsekuensi pada proses pembelajaraq materi guru dan sekolah. Selain itu kurikulum 2004 memuat bahan kajian kimia di SMP yang sebelumnya tidak ada. Agar kurikulum SMP 2004 dapatd iimplementasikand enganb aik diperlukana danya sosialisasi dan berbagai persiapan dari sekolah khususnyp guru sebagai pelaksana kurikulum. Berdasarkan hal tersebut sangat penting diadakan penelitian guna mengidentifikasi kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kwikulum 2004. Penelitian ini diadakan pada beberapa SMP Negeri di Pamekasand an bertujuanu ntuk (1) mendeskripsikans osialisaski urikulum 2004 yang diterima guru IPA (2) mendeskripsikank esiapang uru IPA dalam menerapkan kurikulum 2004 darr (3) mendeskripsikan solusi peningkatan kesiapan guru IPA dalamm enerapkank urikulum 2004. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru IPA SMP Negeri yang berjumlah 58 orang dai 26 SMP Negeri yang ada di kota PamekasanS. ampely ang digunakans ebanyak2 8 orang guru IPA yang mengajar di lima SMP Negeri yang telah dipilih secara acak. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket dan dianalisis dengan statistik deskriptif melalui tahaptahap y aitu persiapant a bulasi d an pengolahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru IPA (Sains) beberapa SMP Negeri di Pamekasante lah cukup siap melaksanakanK BK hal ini didukung oleh 79% guru berijazah safana 68% mengetahui komponen-komponen dalam silabus 100% mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih strategi pembelajaran 79% od apat menentukanp endekatanp embelajarany ang sesuai denganK BK 79% guru mengetahuid imasukkannyab ahan kajian kimia di SMP dan 93o/om enyetujui hal tersebut akan tetapi masih ada beberapa hal yang menghambat diantaranya89Vo tidak mengetahui pokok bahasan kimia yang akan diajarkan di SMP 46% guru IPA yang berpartisipasi dalam pelatihan/seminar tentang KBK dan harrya 2loh yang mengikuti pelatihan/seminar tentang pengajaran ilmu kimia sehingga masih diperlukan adanya sosialisasi sebelum kurikulum SMP 2004 dilaksanakan. Disamping itu saranas ekolah sebagaip enunjangp elaksanaank urikulum SMP 2004 masih perlu dilengkapi (75o/o alat dan bahan laboratorium yang tersedia tidak mencukupik ebutuhan 8 2% Iidak tersediab uku/modul untuk pengajaranil mu kimia 50o/oa lat peragay ang tersediat idak mencukupik ebutuhan d an960/ob uku-bukuy ang tersediad i perpustakaantid ak mencukupik ebutuhan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23515

Actions (login required)

View Item View Item