Persepsi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kdiri tentang bimbingan belajar kimia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar kimia di sekolah oleh Trisning Ambarwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kdiri tentang bimbingan belajar kimia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar kimia di sekolah oleh Trisning Ambarwati

Ambarwati, Trisning (2010) Persepsi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kdiri tentang bimbingan belajar kimia dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar kimia di sekolah oleh Trisning Ambarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jika kita kaji lebih dalam masalah belajar yang dialami siswa sangat kompleks. Salah satunya yang paling menonjol adalah masalah prestasi belajar. Apalagi penentuank elulusand an ketamatanb elajar siswas angatd itentukano leh prestasbi elajar siswad i sekolah.S iswad ituntut untuk melakukanp enyesuaianya ng baik dalam situasi belajar optimal sesuai dengan potensi bakat minat dan kemampuany ang adap adas iswa k arenai tu adab ebarapas iswam engikuti birnbinganb elajar. Penelitiani ni bertujuanm engetahui( 1) persepssi iswak elas3 jurusanI PA SMU Negeri Kota Kediri terhadapb imbinganb elajar (2) motivasi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kediri dalam mengikuti bimbingan belajar kimia (3) materi pelqiaran kimia yang menurut siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kediri perlu mendapatb imbinganb elajar ( 4) perbedaanp restasi belajar kimia siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kediri antara yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Penelitiani ni menggunakanra ncanganp enelitiand eskripif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kediri. Sampel penelitian meliputi sampel sekolah dan sampel siswa terdiri atas SMU Negeri I Kota Kediri 36 siswg SMU Negeri 2 Kota Kediri 29 siswa SMU Negeri 3 Kota Kediri 40 siswa SMU Negeri 5 Kota Kediri 4l siswa SMU Negeri 6 Kota Kediri 31 siswa dan SMU Negeri 7 Kota Kediri 43 siswa. Instrumen penelitian berupa angket tentang persepsi siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negen Kota Kediri tentang bimbingan belajar. Data prestasi belajar kimia diperoleh dengan cara dokumentasiA. ngket dianalisism elalui perhitunganp ersentasjea waban respondenD. ata prestasib elajar dianalisism enggunakanu ji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas 3 jurusan IPA SMU Negeri Kota Kediri mempunyai penepsi bahwa bimbingan belajar tambahan pelajaran kimia prlu (2) siswa termotivasi mengikuti bimbingan kimia karena merekai ngin memahamii lmu kimia (81 4%) i ngin meningkatkanp restasbi elajar h tmia(52 3o/oi)n grn menambahp engetahuand ibidangk imia(59 7o/o)d an agar dapatm enyelesaikans oal-soakl imia secarac epat p raktis dant epat (43 1o/o) (3) materi pelajaran kimia yang menurut siswa perlu bimbingan belajar yaitu redoks dan eleltrokimia (79 6Yo)t a tanamas enyawao rganik (56 8%) t ermokimia (53 6%) tatanamas enyawaa norganik(52 3o/o) hitungkaimn ia (45 5%) l aju reaksi( 43 6%) persamaarne si (a2 7%) larutan(4 0 5o/od)a nk onsepm ol (34 17o)( 4 ) prestasi belajar kimia siswa yang mengikuti bimbingan belajar kimia lebih baik dari pada pre asi belajar kimia siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item