Penggunaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwik Fitria Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwik Fitria Ningsih

Ningsih, Wiwik Fitria (2017) Penggunaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen / Wiwik Fitria Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Ningsih Wiwik Fitria. 2017. Penggunaan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepamjen. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (2) Prof. Dr. Andi Mappiare AT M. Pd. Kata Kunci kedisiplinan self management siswa SMA Kedisiplinan merupakan ketaatan untuk mengikuti aturan atau tata tertib. Namun siswa kurang mempunyai disiplin yang baik. Hal tersebut disebabkan olehkontrol diri yang rendah sehingga siswa memerlukan pengontrolan dan pengelolaan diri yang baik.Pendeketan konseling Cognitive Behavior Theraphy (CBT) merupakan pendekatan konseling yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan konseli salah satunya dengan teknik self management. Pendekatan dengan tujuan mengajak individu untuk belajar mengubah tingkah laku menenangkan pikiran dan tubuh sehingga merasa lebih baik berpikir lebih jelas dan membantu membuat keputusan yang tepat.Rendahnya kotrol diri merupakan sebuah gambaran dimana individu tidak mampu untuk mengontrolapa yang merekakerjakan. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik self management untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas XI SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kasus tunggal (single case experiental design). Subjek penelitian berjumlah lima siswa SMA Negeri 1 Kepanjen yang memiliki tingkat kedisiplinan yang rendah. Pengumpulan data menggunakan inventori kedisiplinan yang diberikan peneliti sebelum diberikan perlakuan (pretest)dan setelah diberikan (posttest). Penganalisaan data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) dengan bantuan SPSS 20.00. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunanaan teknik konseling self management efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SMA. Hasil analisis yang dilakukan terjadi peningkatan kedisiplinan dari kelima subjek konseli saat pemberian pretest dengan skor total keseluruhan sejumlah 367 menjadi skor 420 saat pemberian angket posttest. Hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa nilai sig. uji Wilcoxon sebesar 0.042 yang berarti lebih kecil dari 0.05. Jika nilai sig. (0) (0.05) maka H0 ditolak dan otomatis H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil awal pretest sebelum diberikan treatment dan hasil posttest setelah diberikan treatment. Bersarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yaitu (1) konselor SMA bisa menerapkan teknik konseling self-management untuk mengatasi masalah kedisiplinanyang dialami siswa. (2) saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat melaksanakan penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol/pembanding agar mengetahui lebih jelas keefektifan treatment yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item