Lutfiatin, Indah (2010) Efektifitas metode pembelajaran kooperatif teknik STAD pendekatan problem posing terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas II SMA Negeri 5 Malang pada pokok bahasan termokimia oleh Indah Lutfiatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kimia merupakanb idang studi yang terdiri dari konsep-konsepy ang bersifat abstrak. Konsep tersebut dapat dipelajari dengan cara mengembangkan kemampuanb erfikir abstrak.K emampuani ni dapatd ibangunm elalui interaksi positif antar siswa. Interaksi positif ini antara lain diperoleh dari pembelajaran kelompok. Dengan metode pembelajaran kelompok diharapkan dapat membantu siswam embenfukp urgetahuardr ala m pikirannya.I vletodep embelaaj ran kelompokm erupakanm etodey angm elibatkans iswab elajard alamk elompokkelompokk ecil. Penelitiany ang dilakukano leh Susanto( 1999) menunjukkan bahwap embelajarakno operatifm ampum endorongs iswau ntuk meningkatkan motivasi belajar. Disamping itu penelitian tentang problem posing oleh As ari (2000)m ounjukkan bahwah asil tesy ang diperolehk elompoky angd iaju dengan pendekatapnr oblemp osingl ebih baik dari kelompoks isway ang diajard engan cara konvensional. Berdasarkanh asil penelitiartle rsebuti mbul masalaha pakahm etode pembelaiarank ooperatif teknik STAD durgan menggunakanp endekatanp roblem posingd apatm eningkatkanp restasbi elajars iswad alamm atap elajarank imia. Oleh kmena itu masalatry ang akan dicari jawabannyam elalui penelitiani ni adalahb agaimanakahk eefektifan metode pembelajarank ooperatif teknik STADpendekatanp roblemp osingj ika dibandingkand enganm etodep embelajaran kelompok biasa. Berdasarkanin formasid ari guru kirnia di SMA Negeri5 Malangb ahwa metodep embelajarakno operatift eknik STAD-pendekatapnr oblemp osingb elum pemahd iterapkand i SMA Negeri 5 Malangm akad alamp enelitiani ni dipilih SMA Negeri 5 Malang sebagai tempat penelitian dan penelitiau dilaksanakan padat anggal2 9 Agustus-29S eptembe2r 003. Populaspi enelitianin i adalahs iswa kelasI I dan sampeyl ang dipilih sebarryadk uak elasy aittt kelas1 1.5d anI 1.4. Penelitianin i merupakanp enelitiane ksperimentasle mu( r7aa.y experimenlal)D. enganr ancauganp orelitiany angd ipililt adaltllp rel csl-poslcll control group design.U ji prasyaraat nalisisy angd igrrnakanm eliputi uji normalitash omogenitasd an qji hipotesis.D alamp enelitiani ni disertakanju ga analisisd eskriptift entanga ktivitass iswad alamp rosesp embelajaranA. nalisisi ni berhduanu ntuk mengontrols ikaps iswad alamp rosesp embelajmanko operatif. Hasilp enelitianin i me rur jukkanb ahwas isway angd iajar dengan pernbelajarakno operatift eknik STAD-pendekatapnr oblemp osingm emiliki prestasbi elajary ang lebih tinggi dibandingkans isway ang diajar dengan punbelajarankelompokbiasHa.a l ini dibuktikand engand iperolehnyath n ttub yutu2 691 2 02. Berdasarkahna sil penelitianin i dapatd isarankana gard ilakukanp enelitian lebihl anjutm isalnyad enganm enggunakatne knik pernbelajarakno operatify ang lain s epertjii gsaw T GT leaming together r ound table numberedh eaddengan variasip endekatalna in ataud enganm enerapkanp embelajarakno operatifpada pokokb ahasanla in.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23499 |
Actions (login required)
View Item |