Pengembangan software menulis ekspresif sebagai media bimbingan untuk mengekspresikan emosi marah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Zazila Intania Rahmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan software menulis ekspresif sebagai media bimbingan untuk mengekspresikan emosi marah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Zazila Intania Rahmah

Rahmah, Zazila Intania (2017) Pengembangan software menulis ekspresif sebagai media bimbingan untuk mengekspresikan emosi marah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama / Zazila Intania Rahmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmah Zazila Intania. 2017 Pengembangan Software Menulis Ekspresif sebagai Media Bimbingan untuk Mengekspresikan Emosi Marah pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata Kunci software menulis ekspresif emosi marah media bimbingan Perubahan emosi yang sangat cepat pada masa remaja (anak SMP) akan membuat dirinya secara langsung mengekspresikan emosinya. Selain itu masih banyak siswa yang mengekspresikan emosinya dengan cara yang kurang tepat. Oleh karena itu dalam penelitian pengembangan software menulis ekspresif sebagai media bimbingan untuk mengekspresikan emosi marah pada siswa kelas VIII bertujuan untuk memberikan fasilitas kepada siswa dalam mengekspresikan emosinya dengan cara menulis. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa software menulis ekspresif sebagai media bimbingan untuk mengekspresikan emosi marah pada siswa kelas VIII yang dapat diterima dari segi ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan produk. Rancangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan produk software ekspresikan dirimu ini menggunakan model research and development (R D) Borg and Gall (1983) yang terdiri atas 10 langkah yang kemudian diadaptasi menjadi tujuh langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi melakukan perencanaan mengembangkan produk awal melakukan uji coba lapangan tahap awal yang dilakukan oleh ahli materi dan media melakukan revisi berdasarkan hasil uji ahli melakukan uji lapangan utama kepada calon pengguna dan uji kelompok kecil kepada siswa dan revisi produk operasional yang menghasilkan produk setelah revisi dari ahli dan calon pengguna sehingga dihasilkan output yang sesuai dengan tujuan pengembangan yang diinginkan. Produk yang dihasilkan adalah (1) Software menulis ekspresif dan (2) buku panduan penggunaan software untuk konselor. Berdasarkan hasil analisis data penilaian dari ahli materi bimbingan dan konseling ahli media calon pengguna (konselor) dan uji kelompok kecil (siswa) saran perbaikan produk didapatkan hasil yang sesuai dengan empat aspek keberterimaan (sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik). Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini ditujukan kepada (1) Konselor sebagai pelaksana dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dapat memanfaatkan produk dari penelitian ini sebagai sarana memperlancar kegiatan klasikal mengenai emosi dan mengekspresikan emosi marahnya dengan menulis (2) untuk peneliti selanjutnya perlu dilakukan pengujian terhadap keefektifan produk software ekspresikan dirimu dengan uji kelompok yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item