Hubungan antara kecemasan sosial, extraversion, dan prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri di Kota Malang / Shanice Himma Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kecemasan sosial, extraversion, dan prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri di Kota Malang / Shanice Himma Putri

Putri, Shanice Himma (2017) Hubungan antara kecemasan sosial, extraversion, dan prokrastinasi akademik siswa SMK Negeri di Kota Malang / Shanice Himma Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putri Shanice Himma. 2017. Hubungan antara Kecemasan Sosial Extraversion dan Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Negeri di Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Program Studi S1 Bimbingan danKonseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Danny Moenindyah Handarini M. A (II) Drs.Harmiyanto M.Pd Kata Kunci Kecemasan Sosial Extraversion Prokrastinasi Akademik. Prokrastinasi akademik mengacu pada perilaku individu untuk menunda-nunda dalam memulai dan menyelesaikan tugas akademiknya. Siswa pelaku prokrastinasi akademik memilih untuk mengerjakan tugas-tugas akademiknya di akhir waktu sehingga menimbulkan kegelisahan subjektif serta keterlambatan dan kegagalan dalam menyelesaikan tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan sosial extraversion dan prokrastinasi akademik siswa SMKN di Kota Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa SMKN di Kota Malang sampel penelitian berjumlah 454 siswa yang diperoleh dari metode cluster random sampling. Untuk mengukur ke tiga variabel digunakan skala yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) kecemasan sosial secara simultan memiliki hubungan yang positif terhadap prokrastinasi akademik dengan nilai (rxy 0 107 sig 0 0110 05). Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat digunakan adalah (1) bagi konselor (guru BK) dapat memberikan pelatihan keterampilan mengelola rasa cemas terhadap siswa di sekolah sehingga siswa dapat mengontrol perilaku yang dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa (2) bagi peneliti berikutnya dapat melakukan penelitian mengenai hubungan prokrastinasi akademik dengan variabel lain atau dapat mengembangkan buku panduan mengenai cara mereduksi prokrastinasi dengan menggunakan metode tertentu khususnya untuk siswa sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item