Astuti, Retno Yuni (2010) Profil pembelajaran kimia melalui kegiatan laboratorium di SMU Negeri se Kabupaten Magetan dalam menghadapi kurikulum berbasis kompetensi oleh Retno Yuni Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ilmu kimia merupakanc abangil mu pengetahuaanl amy angm engkaji tentangs ifat struktur t ransformasi d inamika dan energitikaz at. Ilmu kimia bersifaet ksperimentaOl. leh karenai tu keberadaalna boratoriumk imia di sekolah sangamt enunjangp embelajarank imia Melalui kegiatanl aboratoriumg uru mengembangkabne rbagami etoded anp endekatapne mbelajaranD. alamr angka memperbaikdia nm eningkatkanm utu pendidikann asionadl i Indonesia pemerintamh elaksanakabne rbagaui payay angs alahs atunyaa dalahm engadakan perbaikante rhadapk urikulump endidikanK. urikulum BerbasisK ompetensi merupakaknu rikulump embaharuadna ri Kurikulum 1994y angb erorientaspi ada penanamadna np emahamakno nseps ertap rinsipk eilmuans aja t etapij uga menciptakasni swaa garm emiliki kemampuanu ntukb erbuats esuatud engan menggunakakno nsepd anp rinsipy angt elahd ikuasai.D alamh al ini laboratorium menjadsi umberb elajary angu tamau ntuk lebih menggaldi anm engembangkan semuako mpetenssii swa. Penelitian ini bertujuan mengetahui profil atau gambaran umum tentang pembelajaraknim ia melaluik egiatanla boratoriumd i SMU Negeris e-Kabupaten Magetanm enghadapKi urikulurnB erbasisK ompetensiP. rofil pembelajarakni mia melaluik egiatanla boratoriumy angd iteliti meliputi ( l) persepsGi ikap)g urud an siswa( 2) pelaksanaapne mbelajarakni mia melaluik egiatanla boratoriumd an( 3) persepsgi uru terhadapK urikulum BerbasisK ompetensi.P enelitiani ni dirancang denganp endekatand eskiptif kualitatif. Sampeld alam penelitiani ni adalahS MU Negeris e-KabupatenM agetand enganr espondeng uru dan siswak elasI I. Instrumenb erupaa ngket( BagianI danB agianI I) lembaro bservasid an pedomanw awancarag uru.P engujianv aliditasd ilakukanp adai si dand iperoleh inshumen yang valid. Data yang diperoleh dari angket Bagian I dan Bagian II dianalisisd engante knik persentaseP.a daa ngketB agianI dikualifikasim enjadi mendukungd a ns elebihnyad inyatakanti dak-kurangm endukungS. edangkan padaa ngketB agianI I dideskipsikanb erdasarkabne sark ecilnyap ersentase jawahan. Hasil penelitianm enunjukkanb ahwa ( l) perseps(is ikap)g uruk imia dan siswak elasI I di SMll Negeris e-KabupateMn agetante rhadapa spek pembelajaraknir niam claluik egiatanla boratoriumda lamm enghadapKiu rikulum BerbasisK ompetensai dalahs ebagabi erikut.B agian I (a) 65 6%g uru menyatakabna hwak ondisig urum endukung( b ) 57 5%g urum enyatakanb ahwa saranad an prasaranap embelajaranm endukung( c) 79 0%g uru menyatakan bahwap elaksanaakne giatanb elajarm engajakr imia mendukung( d ) 69 0%g uru menyatakabna hwae valuasi/penilaiayna ngd ilakukanm endukung( e ) 64 10/o siswam enyatakabna hwak ondisis iswam endukung( 0 60 7%s iswam enyatakan bahw-kac gjatanb clajars iswam cndukungll a gianl tr la t0O%g uru melaksanakpaenm belajaraknim iad i kelas ( b) 50olog urum elakianakakne giatan laboratorium4 kali ataul ebih dari 4 kali dalams atus emester( c ) 90%g uru memilihl ebih dari 4 orangd alams etiapk elompokk egiatanla boratoriuir ( d) 950/o gurul ebihm emilih metodec eramahd an90%m enggunakamn etodet anyaja wab (e) 90%g uru menggunakanp endekatank onsep g 5% menggunakanp eniekatan ketrampilanp roses7 0o/om enggunakapne ndekatanin kuiri l fl 90o/og urul ebih m-erekankakne trampIia n meng amati 7 570m enekankanke tramplia n mengukur 70vom enekankakne trampilanm engelompokkang 5 %m enekankanke trampilan menyrmpulkan(g ) sebagianb esarm aterip okok kimia di kelasI II n diajarkan melaluik egiatanl aboratorium w alaupunp ersentaseg uru yang melaksanakannya sangakt ecil (h) 82%s iswam enyatakanin gin menambahp engetahuadna n ketrampilanm elaluik egiatanla boratorium( i ) 630/0s iswam eirilih kegiatan Iaboratoriumdi laksanaka2n kali dalams atus emeste 0r ) 66%s iswar ienyukai l6g5g7r0as tigs wbaem laejanrym ueknagmi aajaterk rimik iima diail yaaknsgab nearksaifdnae td nagpaanmtd ieptroadketei kkusmpekraimn( le )7n12 k%) siswale bih menyukati es secarate rtulis ( 2) GuruA menggunak n.. toa g.Iaryh bervariasit a nyaj awab dand emonstrasdi enganp endekatakno nsepd an inkuiri terbimbingd alamm engajarkanm aterip okokT irmokimia guruB menggunakamne todee ksperiment a nyajawab d and iskusid enganp endekatan konsepi n duktif ketrampilanp rosesd an inkuiri terbimbingd alamm engajarkan materip okokr ermokimia dang uruc menggunakamn etole ceramahb irvanasi dant anyajawabd enganp endekatanko nsepk. egiatanl aboratoriumd ilaksanakan untukm ateri-matertie rtentuy angm emangm embutuhkand emonstrasdia n eksperimen( 3 ) 65%g uruk imia di SMU Negeris e-KabupateMn agetan menyatakan-m-enduktuenrhga dapK urikulum BerbasisK ompetensis ebagian ryry kiTil di sMU Negeri se-KabupatenM agelanb erpendapabt ahwaK Jrikulum BerbasisK ompetensai dalahp enyempumaadna ri cBSA yangb erorientaspi ada kompetenssi iswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23454 |
Actions (login required)
View Item |