Identifikasi kesulitan dan kesalahan pemahaman konsep - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan dan kesalahan pemahaman konsep

Prasetyo, Wahyu Eko (2010) Identifikasi kesulitan dan kesalahan pemahaman konsep. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

BerdasarkanGBPPSMUlgg4 pengajarani mukimiabertujuanagarsiswa memahamkio nsepkonsepk imia salingk eterkaitannydaa np enerapannydaa lam kehidupans ehari-hariT. ujuani ni akand apatd icapajii ka siswad apatm emahami konsepkonsepd alam itmu kimia denganb enar.M enurut Gagne( dalam Dahar 1938 9-10k)o nsepd apatd ibagid alamd uak ategoriy aitu konsepk onkrit dank onsep terdefinisi( abstrJk .I ionsep konkrit digunakanu ntuk menjelaskank esamaanfi sik yangn yatad ari objek pengamatana tau sesuatuy ang sungguh-sungguahd ad an dapat Oihiat s aru langiung keberadaannyas e pertik onsept entangl emari meja kursi ataup eristiwa-p iirti u konkrit sepertki onsept entangp enguapanS. edangkakno nsep terdehnisi adalah konsep yang ditetapkan digunakan untuk menguraikan suatu objek ataup eristiway angb ersifath ipotetik s epertik onsept entangm ol atom m olekul uru- buru a taup eristiwa-peristiwaab siraks epertii onisasid anf otosintesis.Hainl i memungkinkatn r jadinyai cesulitand alamm empelajarki onsep-konsedpa lami lmu kimia. Salah satu materi yang diajarkan pada siswa kelas II adalah tentang kesetimbangaknim ia. Penelitianin i bertujuanu ntuk ( l ) mengetahupi ersentassei swa yanglnengalamki esalahand alamm emahamdi efinisik esetimbangante tapan l t ti t g dan falfor-faktor yang menyebabkanp ergeserank esetimbangan (2) mengetJruki esalahanko nsepy angd ialamis iswad alamm empelajarmi ateri kesetimbangaknim ia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswak elasI I SMU Negeri3 Malangt ahuna jaran2 0021200y3a ngt erdiri dari tujuh kelasd enganju mlah siswas ebanyak2 84 orang.B erdasarkanin formasi dari guru pengalafri idangs tudik imia ketujuhk elast ersebumt empunyani ilai rata-ratak imia ysaunmgh pae-rp it sama s ehinggad apatdianggaps ebagaki elas-kelasy -angh omogen pinelitian adalahkelasIL z dank elasI I.r yangb erjumlah8 0 orang.I nstrumen p n liti b .upa teso bjektif yangt erdiri dari 30 item dengane mpata ltematif jawaban. Dari penelitianin i diperolehb anyaknyas isway angs alahdalamm emahami (l) Definisi kesetimbangayna ngm eliputi ciri-ciri reaksik esetimbanga(n3 3%) perubahanla ju reaksik Jkanana tauk e kiri menujuk esetimbangan(62%p)e rubahan Lonsentrasmi enujuk esetimbanga(n4 5o/o ( 2 )Tetapankesetimbangayna ngm eliputi rumusant etapankesetimbanga(n8 %) ketergantungante tapank esetimbangan terhadaps utru1 tx hubungant etapank esetimbanganre aksi satud enganr eaksi lain (16%) ( 3) Faktor-faktoyr angm empengaruhpie rgeserakne setimbangayna ng .tiputi perubahank onsentras(i 42%) perubahans uhu( 36%) perubahante kanan o/ j p eiubahavno lume( 63%) danp enggunaakna talis( Zo/o).Daih asild i atas dapatd iketahui bahwap rsentases isway ang mengalamik esalahanlconsep t.r ti.t g- sebanya3k 2VoH. asilp enelitianin i menunjukkanb ahwap emahaman siswam enginai konslp kesetirnbanganki mia termasuks edang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item View Item