Pengembangan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA / Nurlaili Febriyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA / Nurlaili Febriyanti

Febriyanti, Nurlaili (2017) Pengembangan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA / Nurlaili Febriyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febriyanti Nurlaili.2017.Pengembangan Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Drs.Widada M.Si. Kata kunci Kecerdasan emosional peserta didik SMA permainan simulasi Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk menerima menilai mengelola serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Kecerdasan emosional dapat sebagai kemampuan psikologis yang telah dimiliki oleh tiap individu sejak lahir namun tingkatan kecerdasan emosional tiap individu berbeda ada yang menonjol dan ada pula yang tingkat kecerdasan emosional mereka rendah. Oleh karena itu peneliti mengembangkan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di SMA dengan tujuan konselor untuk menghasilkan sebuah media berupa permainan simulasi yang berisi tentang meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah 1) tahap I penelitian dan pengumpulan data 2) tahap II perencanaan 3) tahap III pengembangan draf produk awal 4) tahap IV uji coba lapangan awal 5) tahap V revisi produk utama 6) tahap VI uji coba lapangan utama 7) tahap VII revisi produk akhir 8) tahap VIII uji lapangan operasional 9) tahap IX revisi produk akhir 10) tahap X penyebaran/diseminasi dan implementasi/pelaksanaan. Produk yang dihasilkan adalah Panduan Simulasi dan Konseling untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMA Negeri 1 Ngunut bagi Konselor. Panduan konselor ini berisi 5 bagian yaitu bagian I pendahuluan bagian II panduan pelaksanaan bagian III prosedur bagian IV matriks dan bagian V evalusi. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli materi bimbingan ahli media calon pengguna produk dan kelompok kecil (peserta didik yang berjumlah 10 anak) serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis. Produk hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan permainan simulasi untuk meningkatkan kecerdasan emosional di SMA. ABSTRACT Febriyanti Nurlaili.2017.Development of Simulation Game to Improve Emotional Intelligence of Students in SMA Negeri 1 Ngunut Tulungagung. Thesis Department of Guidance and Counseling Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (II) Drs.Widada M.Si. Keywords Emotional intelligence senior high school students simulation games Emotional intelligence is one s ability to accept judge manage and control the emotions of himself and others around him. Emotional intelligence can be as psychological ability that has been possessed by each individual since birth but the level of emotional intelligence of each individual is different some are prominent and some are low levels of emotional intelligence. Therefore researchers develop simulation games to improve the emotional intelligence of learners in senior high school with the aim of counselor to produce a media in the form of simulation game that contains about improving the emotional intelligence of learners. This research and development model is adapted from the Brog Gall development strategy. The development procedure is 1) phase I research and data collection 2) phase II planning 3) stage III development of initial product draft 4) stage IV initial field trial 5) stage V major product revision 6) stage VI Main field trial 7) stage VII final product revision 8) stage VIII operational field test 9) stage IX final product revision 10) stage X dissemination/dissemination and implementation/implementation. The resulting product is Simulation and Counseling Guides to Improve the Emotional Intelligence of Students in SMA Negeri 1 Ngunut for Counselor. The guidance of this counselor consists of five parts namely part I of the introduction part II of the implementation guide Part III procedure part IV matrix and part V evalution. Based on the results of data analysis of expert assessment of guidance materials media experts prospective users of products and small groups (learners who numbered 10 children) and revisions that have been implemented according to suggestions and inputs can be concluded that the product can be accepted theoretically and practically. The results of this research and development can be continued with experimental research to determine the effectiveness of simulation game guides to improve emotional intelligence in senior high school.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item