Penggunaan resin penukar kation untuk penurunan kadar kapur pada nira kental dan raw sugar di industri gula oleh Hari Pendi

Pendi, Hari (2010) Penggunaan resin penukar kation untuk penurunan kadar kapur pada nira kental dan raw sugar di industri gula oleh Hari Pendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebuhrhan gula dunia semakin meningkat demikian pula dengan kebutuhang ula dalamn egeri yang tidak dapatd ipenuhi dari pasokanp erkebunan di tanah air saja tetapi melalui impor dari negara lain soperti, Vietnam, Thailand dan Brazil. Unhrk menekan biaya yang tinggi maka impor gula dari luar negeri tidak dalam bentuk gula putih/gula rafinasi melainkan dalam bentuk raw sugarlgolaListal mentah (GKM). Raw sugar tidak dapat langsung dikonsumsi karenam engandwrgb erbagaib ahanp engotorb aik organik maupuna norganik. Agar dapat dikonsumsi, maka perlu dilakukan pemumian padaraw sugar yar,g dapat ditempuh dengan cara sulfitasi maupun defekasi, tetapi cara sulfitasi dan de{ekasmi enimbulkank adark apur yaitu oksidak alsium danm agnesium( CaO dan Mg"O) meqjadi tinggi Untuk memberikan penumnan wama, maka ion Ca2* danM g:- harusd ihilangkand enganm etodep enukari on menggunakans uatur esin penukark ation. Penurunank adar kapur dapatm eningkatkanh asil kemumian larutan gula. Penurunank adar kapur larutanr sw sugar dan nira kental dilakukan melalui metode kolom penukar kation dengan mengatur laju alir influen. Efluen yang keluar dari kolom dianalisis kadar kapur dengan cara titrasi larutan efluen. Untuk mengetahuhi asil kemurnianl arutan rcw sugar dan nira kental dilala*an perhitungann ilai persenp ol dan persen6 rir melalui uji pol yaitu uji polarisasi larutan dan uji brix yutu uji konsentrasi larutan gula" Berdasarkanh asil penelitian dapatd isimpulkanb ahwad engan menggunakanre sin penukark ation IR Amberlite 200CN a, kadark apur dalam nira kental dapat diturunkan sampai 98,73yo dan untuk 16r sugar sampai 91,46yoL. aju alir yang paling baik untuk menurunkank adark apur adalah2 bv/h (untuk nira kental dan $24 ppm meqiadi 61,2. ppm dan unhrk raw sugar dai l4T2ppmmenjadi 122,4p pm). Peningkatanla ju alir (bv/h) dapatm enyebabkan kadark apur semakint inggi. Penurunank adark apw akibatp enggunaanp enukar kation dapatm enyebabkanp eningkatanh asil kemurnianl arutang ula sampai 8l,25yo untuk nira kental dan9l,O7o/ou ntuk raw sagar. Kenaikanl aju alir (bv/h) juga dapatm enyebabkanh asil kemumian larutang ula meqiadim enurun,l aju alir yang paling baik untuk meningkatkan hasil kemurnian adalah 2 bv/h (untuk nira kental dari 78,6lyo menjadi 8l ,25 % dan unttrk row sugar dat'' 88,2lyo menjadi 91,07o/o).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item