Suliastifah, Enis (2010) Pengembangan modul pembelajaran hidrokarbon dengan model daur belajar (learning cycle) untuk pembelajaran kimia siswa kelas I sebagai penunjang penerapan pendekatan konstruktivistik oleh Enis Suliastifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adanya perubahan paradigma pembelajaran dari bEhavioristik menuju konstruktivistik menuntut perubahan pendekatan dan metode pembelajaran di kelas yaitu dari teacher-centered menjadi student-centered. Perubahan paradigma tersebujtu ga mendasarip erubahank urikulum yaitu kurikulum 1994m enjadi kurikulum 2004 (kurikulum berbasis kompetensi). Untuk membantu menerapkan pendekatan konstruktivistik dan seperti anjuran kurikulum berbasis kompetensi diperlukan perangkat atau media pembelajaran misalnya bahan ajar. Bahan alar seyoryanyab ersifat mandiri yaitu dapat dipelajari oleh siswa sendiri baik di sekolah maupun di tempat lain. Salah satu bentuk bahan ajar tersebut adalah modul pembelajaran. Pada penelitian ini dikembangkan modul pembelajaran hidrokarbon sesuai model daur belajar (learning cycle) untuk pembelajaran kimia SMU Kelas L Langkah-langkah pengembangan modul antara lain mengkaji kurikulum menetapkanm ateri mengkaji pendekatanp embelajaran a nalisis sumberb elajar menyusun modul pembelajaran melakukan validasi analisis data melaksanakan revisi dan memproduksi modul pembelajaran. Validasi yang dilakukan adalah validasi isi (content) yaitu untuk mengetahui ketepatan dan kesesuaian isi dengan kurikulum ketepatand an kesesuaiank egiatan belajar denganm odel learning cycle tiga fase serta kemenarikan modul secara umum. Validator yang dipilih adalah2 dosen Jurusan Kimia UM dan 6 guru Kimia SMU Negeri maupun SMU swasta di Malang. Modul hasil pengembangante rdiri dari dua bagian yaitu bagian pendahuluan antaralainhalaman muka kata pengantar daftar isi daftar tabel daftar gambar panduan bagi pembaca dan pendahuluan (sekilas tentang kimia karbon) serta bagian isi yang terdiri dai 4 kegiatan belajar yaitu berkenalan dengan hidrokarbon alkana alkena dan alkuna. Setiap kegiatan belajar terdiri dari beberapa komponen yaitu subjudul kompetensi dasar indikator hasil belajar uraian faktual menuju uraian konseptual tahapan-tahapan learning cycle tiga fase (eksplorasi pengenalan konsep dan aplikasi konsep) yang didalamnya terdapat lembar kerja siswa uraian materi dan soal-soal aplikasi. Selain itu setiap kegiatan belajar ditengkapi rangkuman evaluasi (tugas performansi dan soal-soal latihan) umpan balik rubrik performansi daftar pustaka dan kunci jawaban. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul yang disusun adalah valid untuk bahan ajar hidrokarbon di SMU meskipun terdapat beberapa saran untuk perbaikan modul. Setelah direvisi modul pembelajaranhidrokarbon ini dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai penunjang penerapan pen
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23424 |
Actions (login required)
View Item |