Faizah, Uvi (2010) Pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle terhadap hasil belajar siswa kelas II semester 4SMUN 3 Malang tahun ajaran 2002/2003 pada pokok bahasan aldehida dan keton oleh Uvi Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari peran guru dan siswa sebagai pihak yang terlibat dalam proses belajar mengajar oleh karena itu diperlukan strategip embelajarany ang tepat. Seiring denganp erubahany ang terjadi dalam paradigmap endidikan m aka kegiatanr iset di bidangp endidikank imia mulai ditingkatkan p embelajarank onstrukwistik merupakanp embelajarany angt epat dikembangkanu ntuk meningkatkank uatitasp endidikaq maka dilakukanlah penelitiant entangp enerapanm odel pembelajaranle arning cycle yangt ermasuk salahs atum odel pembelajarank onstruktivisme. Penelitian ini dilakukan di SMUN 3 Malang dengan populasi siswa kelas II semeste4r tahun ajaran2002/2003y ang terdiri dari tujuh kelas y aitu II1 sampai ilr. Sampeld ari penelitiani ni dua kelas yaitu kelas 116s ebagaki elas eksperimen dan II5 sebagai kelas kontrol.Teknik yang dipakai untuk pengambilan sampel adalahp urp os i al sampI ing maksudnyas ampely ang di gunakand alamp enelitian ini formasinyat idak bisa diacak dan peneliti mendapatkank elasi ni karenat ugas dariP PL padas ekolahy angb ersangkutanK.e lase ksperimend iajard enganm odel pembelajaranle arning cycle sedangkank elas kontrol diajar denganm etode ceramahD. alamp enelitianin i penelitim enggunakarna ncangane ksperimen pretes dan postes. Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah uji-t dengan sampebl erpasangaunn tuk hasilb elajark ognitif rata-ratak eaktifans iswat iap l0 menit dan persentases ikap siswa kelase ksperimente rhadapp embelajaran. Berdasarkanh asil penelitianm asing-masingp embelajaranm empunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil betajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisisu ji-t berpasanganu ntuk pretesd an postesb ahwah asil belajarp ada kelas eksperimen dan kelas konhol mengalami pengaruh yang signiflrkan setelah prosesp embelajaranb erlangsungh al ini dapatd ilihat dari nilai sigrrifikansinya yang kurang dari 0 05. Sedangkanp enggunaanm odel pembelaiarwrle arning cycle mempunyaip engaruhy ang lebih baik dibandingkanp embelajarand enganm odel konvensional( banyakm enggunakanm etodec eramah)h al ini dapatd ilihat berdasarkanh asil uji t untuk skor perolehana ntarak elas eksperimend engank elas konhol yang signifikan yang dapat ditihat darinilai signifikansinya yang kurang dari 0 05.B erdasarkadna tak ealiifan sisway angd iperolehd arij umlah siswa dapadt isimpulkank eaktifans iswak elase ksperimend ibandingkand engank elas kontrolt iap l0 menitb erbandings ebesa4r 61 2 36 ataus ebesa2r L Berdasarkanh asil angkety ang diperoteh d apatd isimpulkanbahwas ikap siswa telh ap kimia positif yangd apatd ilihat dari persentassek or siswat erhadapm ata pelajarank irnia sebesa6r 9 05vod an sikaps iswat erhadapp embelajarasna ngat positifyangd apatd ilihat dari persentassek or siswat erhadapp embelajaran sebesa6r 9 00%B. erdasarkahna sil penelitiany angd iperolehp enggunaamn odel pembelajaralne arningc ycled alamp embelajarakni mia dapatm eningkatkanh asil belajark eaktifand anm inat siswad alamp rosesb elajarm engajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23422 |
Actions (login required)
View Item |