Studi tentang pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (PANJURA) Malang / Yan Indraprasti Sutarta - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (PANJURA) Malang / Yan Indraprasti Sutarta

Sutarta, Yan Indraprasti (2017) Studi tentang pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (PANJURA) Malang / Yan Indraprasti Sutarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sutarta Yan Indraprasti. 2017. Studi tentang Pendidikan Karakter Jujur di SMA Delapan Penjuru Angin (Panjura) Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Hj.Muslihati S.Ag M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata kunci Pendidikan karakter jujur SMA Panjura Pembentukan karakter merupakan salah satu tujuan dari pendidikan nasional. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menjelaskan bahwa siswa tidak hanya cerdas secara kognitif tetapi juga cerdas secara emosional spiritual dan sosial. Karakter jujur memiliki peranan penting dengan prestasi belajar dan keberhasilan siswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui karakter jujur yang diterapkan di SMA Delapan Penjuru Angin Malang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang 2) mengetahui strategi pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang dan 3) pemaknaan pendidikan karakter jujur di SMA Delapan Penjuru Angin Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Dalam hal ini peneliti sebagai instrumen utama. Data penelitian berupa ulasan-ulasan yang dihasilkan oleh guru dan siswa baik dalam pembentukan karakter jujur yang meliputi kegiatan akademik ataupun kegiatan non akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap penelaahan data tahap identifikasi dan klarifikasi data dan tahap evaluasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama peneliti menemukan gambaran deskripsi perilaku jujur di SMA Delapan Penjuru Angin terdapat dua macam perilaku kejujuran yakni jujur di dalam kelas dan jujur di luar kelas. Kedua terdapat beberapa strategi yang digunakan oleh guru untuk menciptakan kebiasaan jujur di sekolah yaitu 1) ceramah 2) kegiatan spontan dan 3) keteladanan. Ketiga pemaknaan jujur di SMA Delapan Penjuru Angin bahwa guru dan siswa meyakini karena hanya dengan berperilaku positif yang mampu membuat survive menghadapi tantangan. Studi tentang karakter jujur siswa dalam penelitian ini berlangsung secara terus menerus dan merupakan kebiasaan yang telah menjadi budaya di sekolah. Karakter jujur yang dilakukan merupakan salah satu bentuk keunggulan di SMA Delapan Penjuru Angin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2342

Actions (login required)

View Item View Item