Asmoro, Evi Dhian (2010) Analisis kesalahan konsep wujud zat melalui penggambaran mikroskopis dan upaya memperbaikinya dengan strategi konflik kognitif oleh Evi Dhian Asmoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kgnsep-konsegp sT ilmu kimia sebagianb esarb enifat abstraks ehingga memungkinkan ilmu kimia menjadi sutit untuk dipelajari dan berpotensi menyebabk3l terjadinya kesalahan konsep. Hal ini mun-gri terjadi pada mareri wujud zat.-Untuk menghindarit erjadinya-kesalahank oniep guru oihmtut untut menyampaikanm ateri pelajarand enganm etode yang tepai. Siantaranyad engan jalan membuat model-model yang dapat membantu iiswa untuk m mbayungkan suatu konsep pada tingkat mikroskopis atau dengan menggunakan gambaran mikroskopis. Kesalahan konsep yang sudah tedaai mungkin dapat diremidi denganm enggunakans trategik onflik koenitif Untuk mengeihui r b rupu efektif strategi ini mengr rangi kesalahan konsep maka dilakukan penelitian dengan tujuan sebagai berikut (l)- Mengetahui tingkat pemahaman konsep wujud zat melalui penggambaran mikroskopis yang dimititi siswa kelas Ii sMA (2) Mengidentifikasip emahamanw ujud zat mlhlui penggambaranm ikroskopisy ang dipatnmi secara salah oleh siswa kelas II sMA (3) Mengkaji keefektifan remidi dengan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran koisep wujud zat melalui penggambaran mikroskopis dalam upaya mlmperbaiki dan meningkatkan pemahamank onseps iswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksperimen. Rancangan yang digrurakan dalam penelitian eksperimen adatah one group pretest-postest 9gtis1 Populasi penelitian adalah siswa kelas II4 II-5 u-e sMa raborarorium uM tahun aiann2003/2004. sampel penelitian adalah siswa yang diambil secara acak dari kelas II-4 II-5 lI-6. Instrumen penelitian berupa teJ obyektif yan terdiri dari 13 soal dan angket yang digunakan untuk mingetahui konsistensi l 4uft- siswa-terhadaps uatu konsep.v atiaitas isi tes obyeliif adalat 95o/od an koefisien reliabilitas dihitung dengan rumus korelasi product moment sebesar 0 74- -Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif unnrk mengetahui tingkar pemahaman dan jenis-jenis kesalahan konsep yang dimiliki oieh siswa dan analisiss tatistik denganm enggunakanu ji r. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (l) tingkat pemahaman siswa terhadap konsep wujud zat diidentifikasi merarui p ngg nbu n mikroskopis sebelum remidi termasuk rendah dan sesudah remid l-termasuk tinggi i2) .9d9 k9ns9p wujud zat melalui penggambaranm ikroskopis yang berhasil diidentifikasi adalah (a) pada keadaan gas partitet diatomik t tori a i i to urorn (b) gula lanrt dalam air dan terurai menjadiatom-atonrnya ( c) sebutirk apur barus setelah mengalami sublimasi maka dalam fasa gas sudah tidak ada lagi molekulmolekul kapur barus I I (d) padatan Nacl yang dipanaskan akan berubah wujud dari padat menjadi cair tetapi karena ikatan antar ionnya dianggap tidak putus maka sebagian bentuknya tetap dan sebagian lagi terurai menjadi ion-ionnya karcna mencair (e) karena etanol larut sempuma dalam air maka dalam air molekul etanol akan terurai menjadi atom-atomnya (f) air dalam keadaan cair jika dipadatkan molekulmolekulnyaa kan bergerombol( g) partikel gas karbondioksidau kurannyale bih besar daripada partikel gas oksigen sehingga terletak dibawah dengan arah gerak yang teratur (h) pada perubahan wujud gas menjadi padat molekul iodin dalam keadaan gas terdiri dari satu atom (3) remidi dengan strategi konflik kogrritif efektif untuk mengurangi kesalahan konsep materi wujud zat ysfr.g terjadi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Aug 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23404 |
Actions (login required)
View Item |