Pemanfaatan abu terbang (fly ash) aktif sebagai adsorben ion krom (VI) oleh M. Fadloli Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemanfaatan abu terbang (fly ash) aktif sebagai adsorben ion krom (VI) oleh M. Fadloli Aziz

Aziz, M. Fadloli (2010) Pemanfaatan abu terbang (fly ash) aktif sebagai adsorben ion krom (VI) oleh M. Fadloli Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abu terbang( fly ash)m erupakans isap embakaranb atubaray ang digunakansebagabi ahanb akarP LTU yang berupaa bu denganb obot yang ringan. Abuterbang mempunyai luas permukaan cukup besar dengan komponen utama adalahsilika dan alumina. Dengan demikian diharapkan abu terbang mempunyaipersamaans ifat denganz eolit yang dapatd imanfaatkans bagaai dsorbenD. alampenelitian ini sampel yang digunakan adalatr larutan krom(V[) yang akandiadsorpsi oleh abu terbang mengingat ion krom(M) logam beratberbahayay ang banyakd ikeluarkano leh industri yang dalam prosesp roduksinyamenggunakanla rutank rom(Vl). Penelitiani ni berhduanu ntuk menentukanb eratoptimum abu terbang akti mengetahui pengaruh aktivasi abu terbang danmengetahupi engaruhv ariasi kondisi analisisy ang meliputi pH suhul arutanPenelitian ini dilalrukan di laboratorium kimia FMIPA Universitas NegeriMalang. Abu terbang yang digunakan diaktivasi dengan HCI lM selama 24 jan selanjutnyad irendamd enganI IF 1% selamal 0 menit. Untuk mengetahuai datidaknyap engaruhv ariasi kecepatanp engadukanl a ma pengadukanp H dan suhularutank rom terhadapp engurangank adark rom(Vl) oleh abu terbanga ktifdilakukand enganm encampurkana buterbangk e dalam laruan hom(V[)100p pm dalarnk ondisi kecepatanp engadukan2 00 350 dan 500 rpm lamapengadukan6 0 120 dan 180m enig pH 2 dan 4 dan suhul arutan 27 C dan 35 C.Pengukurank onsentraslir om dilakukan denganp eralatans pellrofotometerserapana tom padap anjangg elombang3 58 nm. Data hasil penelitiand iuji secarastatistika deskriptifyang disajikan dalam bentuk tabel dan garrbar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berat opimum abu terbang adalah5 gram dalam 100 mL larutan lrom(Vl) 100 ppm. Abu terbang yang telahdiaktivasim ampum engadsorpsiio n krom(V[) lebih besar( 85 2575%)dibandingkan dengan abu teftang yang belum diaktivasi (48 03347o). Persenadsorpsi pada pH4 lebih besar daripada persen adsorpsi pada pH 2. Suhu 35 Cmemberikann ilai persena dsorpsiy ang lebih besard axipadas uhu2 7 C. Persenadsorpsi meningkat pada lama pengadukan 120 menit dan menunrn pda lamapengadukan1 80 menit. Kecepatanp engadukanp ada5 00 rpm memberikann ilaipersena dsorpsiy ang lebih besard ibandingkand engank ecepatanp engadukan2 00dan 350 rpm. Disarankan agar penelitian selanjutrya dilakukan penelitian padacepatp engadukanle bih kecil dari 200 rpm dan lebih besard ari 500 rpm. Perlujuga dilakukan pemanfaatana bu terbanga ktifsebagai adsorbenlo gam beratl ain khususnyay ang berasald ari limbah industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23401

Actions (login required)

View Item View Item