Pengembangan panduan diskusi kelompok mengenai tindakan pelecehan seksual bagi siswa SMP / Eka Wuri Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan diskusi kelompok mengenai tindakan pelecehan seksual bagi siswa SMP / Eka Wuri Handayani

Handayani, Eka Wuri (2017) Pengembangan panduan diskusi kelompok mengenai tindakan pelecehan seksual bagi siswa SMP / Eka Wuri Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handayani Eka Wuri. 2017. Pengembangan Panduan Diskusi Kelompok Mengenai Tindakan Pelecehan Seksual bagi Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci panduan diskusi kelompok tindakan pelecehan seksual. Kasus pelecehan seksual dapat mengancam keselamatan remaja kapan saja dan dimana saja sehingga diperlukan upaya pencegahan bagi para siswa agar dapat terhindar dari tindakan tersebut. Upaya pencegahan ini dapat dilakukan oleh konselor dengan memberikan informasi yang memadai melalui layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Teknik diskusi kelompok merupakan salah satu teknik yang sesuai untuk memberikan layanan informasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan diskusi kelompok mengenai tindakan pelecehan seksual bagi siswa SMP. Produk panduan ini dikembangkan dengan memenuhi syarat berdasarkan aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan dari uji ahli bimbingan dan konseling ahli media calon pengguna produk (konselor) serta uji kelompok kecil. Rancangan penelitian yang digunakan untuk mengembangkan produk panduan diskusi kelompok ini mengadaptasi model pengembangan Borg Gall (1983). Akan tetapi dalam penelitian ini hanya menggunakan tujuh tahap yaitu (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) melakukan perencanaan (3) mengembangkan draf produk (4) melakukan uji lapangan awal (5) melakukan revisi terhadap hasil uji lapangan awal (6) melakukan uji lapangan dan (7) melakukan revisi produk akhir. Hasil uji ahli bimbingan dan konseling terhadap produk diperoleh skor 3 12 pada aspek ketepatan yang berarti tepat skor 4 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna skor 3 pada aspek kemudahan yang berarti mudah dan skor 3 pada aspek kemenarikan yang berarti menarik. Hasil uji ahli media produk panduan diskusi kelompok ini memperoleh skor 3 67 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat skor 4 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna skor 3 67 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah dan skor 3 8 pada aspek kemenarikan yang berarti sangat menarik. Hasil uji calon pengguna produk ini memperoleh skor 3 7 pada aspek ketepatan yang berarti sangat tepat skor 3 62 pada aspek kegunaan yang berarti sangat berguna skor 3 71 pada aspek kemudahan yang berarti sangat mudah dan skor 3 4 pada aspek kemenarikan yang berarti sangat menarik. Sedangkan dari hasil uji kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 3 54 yang berarti produk ini sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan ini ditujukan kepada (1) konselor sebagai pelaksana layanan bimbingan kelompok perlu menunjang layanan ini dengan media visual misalnya Power Point dan proyektor (2) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian eksperimen untuk menguji keefektifan produk buku panduan ini. ABSTRACT Handayani Eka Wuri. 2017. Developing Group Discussion Guideline about Sexual Harassment for Junior High School Students. Thesis Department of Guidance and Counseling. Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Keywords guideline group discussion sexual harassment. Sexual harassment case can threaten the safety of teenagers anytime and anywhere so that it needs a prevention for the students in order to avoid such action. The prevention effort can be undertaken by the counselor to provide sufficient information in guidance and counseling services in schools. Group discussion technique is a technique which is appropriate to provide the information. This study aimed to produce the guide group discussion on sexual harassment for junior high school students. This guideline was developed with the product qualify based on aspects of accuracy applicablity practicality and attractiveness from the guidance and counseling expert media experts prospective users of the product (counselors) as well as a small group test. The research design to develop the product adapted the development model Borg and Gall (1983). This study only used the seven stages which were (1) collecting the data (2) planning (3) drafting the product (4) conducting a preliminary field test (5) revising the preliminary field test results (6) conducting a field test and (7) revising the final product. The result of the guidance and counseling expert toward the product obtained 3.12 on aspect of accuracy which meant accurate 4 on the aspect of applicablity which meant very useful 3 on the aspect of practicality which meant easy and 3 on the attractiveness which meant interesting. The test result of media experts group discussion guideline product reached a score of 3.67 on aspect of accuracy which meant very accurate 4 on the aspect of practicality which meant very useful 3.67 on the aspect of practicality which meant easy and 3.8 on the aspect of attractiveness meant very interesting. The result of target users this product obtained 3.7 on aspect of accuracy which mean very accurate 3.62 on the aspect of applicablity which meant very useful 3.71 on the aspect of practicality which meant easy and 3.4 on the aspect of attractiveness which meant very interesting. Next the small group of test result obtained an average score of 3.54 which showed that the product was very precise very useful very easy and very interesting. The suggestions for further development is addressed to (1) the counselor as the executor of group counseling service this service needs visual media support such as Power Point and projectors (2) further researchers they can conduct experimental research to test the effectiveness of this guideline book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2340

Actions (login required)

View Item View Item