Efektifitas konseling realita untuk pengubahan konsep diri siswa broken home / Afifah Army Age - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas konseling realita untuk pengubahan konsep diri siswa broken home / Afifah Army Age

Age, Afifah Army (2017) Efektifitas konseling realita untuk pengubahan konsep diri siswa broken home / Afifah Army Age. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Age Afifah Army. 2017. Efektifitas Konseling Realita untuk Pengubahan Konsep Diri Siswa Broken Home. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (2) Drs. Widada M.Si. Kata Kunci konseling realita konsep diri broken hom Kondisi keluarga broken home menimbulkan dampak negatif pada anak. Salah satu dampak yang muncul adalah anak cenderung memiliki konsep diri yang negatif seperti memunculkan cara pandang terhadap diri sendiri yang lebih fokus pada kelemahan bukan pada kelebihan kurang dapat menerima diri merasa berbeda dari temannya mudah marah dan sulit mengendalikan emosi. Penelitian ini menerapkan konseling realita sebagai upaya untuk mengetahui efektifitasnya dalam mengubah konsep diri siswa broken home tersebut. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Rancangan penelitian ini merupakan rancangan yang mencakup satu kelompok yang diobservasi pada tahap pretest yang selanjutnya dilakukan treatment dan posttest. Pengukuran pretest dan posttest menggunakan skala konsep diri yang dikembangkan dari alat ukur TSCS (Tennesse Self Concept Scale) dan data tambahan berupa essay tidak terstruktur untuk mengetahui latarbelakang keluarga yang diisi saat pretest. Subjek penelitian adalah siswa SMK Brawijaya Batu kelas X sejumlah 5 siswa. Penetapan subjek penelitian berdasarkan hasil analisis skala konsep diri dan pengisian essay yang menunjukkan konsep diri rendah serta berasal dari keluarga broken home. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil uji menunjukkan nilai z hitung -2.023a nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.043 bahwa 0.043

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Sep 2017 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 04:17
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item