Pembuatan dan karakterisasi edible film dari pati ubi kayu dan ganyong dengan penambahan sorbitol dan gliserol / Dayu Senoaji ANP. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembuatan dan karakterisasi edible film dari pati ubi kayu dan ganyong dengan penambahan sorbitol dan gliserol / Dayu Senoaji ANP.

Purnomo, Dayu Senoaji Agung Nahdi (2010) Pembuatan dan karakterisasi edible film dari pati ubi kayu dan ganyong dengan penambahan sorbitol dan gliserol / Dayu Senoaji ANP. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purnomo Dayu Senoaji ANP. 2009. Pembuatan dan Karakterisasi Edible Film dari Pati Ubi Kayu dan Ganyong dengan Penambahan Sorbitol dan Gliserol. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumari M. Si (II) Ir. Erliana Ginting M.Sc Kata kunci edible film pati ubi kayu pati ganyong plasticizer. Penggunaan plastik sebagai pengemas makanan selama ini telah menimbulkan masalah pencemaran lingkungan. Oleh karena itu penggunaan edible film sebagai salah satu bahan pengemas yang sumbernya dapat diperbaharui dan mudah diuraikan oleh mikroorganisme mulai dikembangkan. Edible film yang berasal dari bahan baku pati relatif mudah robek (getas) sehingga perlu penambahan plasticizer agar film lebih lentur. Oleh karena itu dilakukan penelitian pembuatan edible film dari pati ubi kayu dan ganyong dengan penambahan plasticizer. Penelitian dilakukan di Laboratorium Kimia dan Teknologi Pangan BALITKABI pada bulan Maret sampai Juni 2009. Ubi kayu varietas Adira-4 dan ganyong varietas lokal asal Bantur diolah menjadi pati. Selanjutnya masingmasing pati diolah menjadi edible film dengan penambahan sorbitol dan gliserol 2% (v/bpati). Pengamatan pati meliputi kadar air amilosa pati derajat putih dan identifikasi gugus fungsi serta karakterisasi edible film yang meliputi ketebalan warna tarik (elongasi dan tensile strength) dan identifikasi gugus fungsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pati ganyong memiliki kadar pati dan amilosa (masing-masing 70 96% dan 39 23%) lebih tinggi daripada ubi kayu (65 46% dan 29 80%). Pati ganyong dengan penambahan sorbitol menghasilkan kualitas edible film yang baik ditinjau dari nilai tensile strength (11 83 MPa) elongasi (1 67%) ketebalan (0 03 mm) dan tingkat kecerahan (80 27%). Penambahan sorbitol dan gliserol tidak menunjukkan adanya perubahan gugus fungsi pada edible film hanya terjadi interaksi van der Waals dan ikatan hidrogen antar molekul penyusun edible film.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23374

Actions (login required)

View Item View Item