Hubbi, Muhammad (2010) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi pokok termokimia / Muhammad Hubbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hubbi Muhammad. 2008. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Komputer Untuk Materi Termokimia. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si. M.Ed. Ph.D. (II) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S. Kata Kunci media pembelajaran media pembelajaran berbasis komputer termokimia. Pembelajaran kimia meliputi tiga aspek penting yaitu aspek makroskopis mikroskopis dan simbolik. Ketiga apek tersebut harus dibelajarkan kepada siswa agar tidak mengalami kesalahan konsep. Namun kenyataannya pengajar masih jarang menyampaikan matari kimia sampai pada aspek mikroskopis. Hal ini terjadi karena pengajar mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi hingga aspek mikroskopis. Sehingga kebanyakan siswa masih sering mengalami kesalahan konsep. Salah satu sarana yang dapat digunakan oleh pengajar kimia dalam menyampaikan materi pelajaran hingga aspek mikroskopis adalah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer. Media pembelajaran ini dapat menyajikan animasi-animasi di tingkat molekuler dengan lebih mudah dan lebih jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer yang menarik interaktif dan mudah dipahami pada materi termokimia. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model Dick and Carrey dengan beberapa penyesuaian yang diperlukan. Pengujian validitas media hasil pngembangan menggunakan instrumen berupa angket/ kuisioner tertutup. Pengujian validitas meliputi uji validitas konten dan uji terbatas. Validator pada uji validitas isi adalah dua dosen kimia UM satu guru kimia SMAN 1 Malang dan satu guru kimia MA. Ma arif 7 Lamongan. Sedangkan pada uji terbatas dilakukan terhadap 20 siswa MA. Ma arif 7 Lamongan kelas XI. Setelah melalui tahap validasi media pembelajaran diperbaiki berdasarkan saran-saran yang diberikan validator. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran termokimia yang dikemas dalam CD. Media pembelajaran yang dirancang dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar atau sebagai sumber belajar mandiri. Hasil validasi konten menunjukkan bahwa media yang dihasilkan memiliki tingkat validitas 84 40%. Sedangkan hasil uji terbatas pada siswa MA. Ma arif 7 menunjukkan tingkat validitas 89 69. Dengan demikian media ini telah layak digunakan sabagai perangkat pembelajaran untuk materi pokok termokimia di SMA kelas XI. Namun demikian efektivitas penggunaan media ini masih perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan empiris di kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/23357 |
Actions (login required)
View Item |