Analisis kandungan besi (Fe) dalam sedimen terkait kualitas air di sungai Surabaya / Dimaz Novariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kandungan besi (Fe) dalam sedimen terkait kualitas air di sungai Surabaya / Dimaz Novariyanto

Novariyanto, Dimaz (2010) Analisis kandungan besi (Fe) dalam sedimen terkait kualitas air di sungai Surabaya / Dimaz Novariyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novariyanto Dimaz. 2009. Analisis Kandungan Besi (Fe) dalam Sedimen Terkait Kualitas Air di Perairan pada Sungai Surabaya. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hayuni Retno Widarti M. Si. (II) Drs. Yudhi Utomo M. Si. Kata kunci Sungai Surabaya sedimen ion besi. Aktivitas manusia yang semakin meningkat dapat menimbulkan berbagai dampak bagi tatanan kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya. Pengelolaan lingkungan yang kurang baik dapat menimbulkan hal-hal yang merugikan.Limbah sebagai salah satu hasil buangan dari aktivitas manusia dapat mencemari lingkungan sekitarnya. Logam berat sebagai hasil buangan dari proses industri sangat berbahaya bila melampaui standar baku mutu. Besi (Fe) sebagai salah satu logam B3 (Bahan Beracun Berbahaya) sangat merugikan apabila kehadirannya telah melampaui standar baku mutu. Sungai Surabaya yang merupakan sungai utama pada DAS Brantas mempunyai peranan penting dalam penyediaan dan pemanfaatan kebutuhan air di lingkup Surabaya dan sekitarnya. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kualitas air dan logam berat. Analisis logam berat terbatas pada sampel air dan belum menjamah sistem sedimen sehingga sangat penting adanya upaya analisis dalam sedimen. Tujuan dari penelitian adalah 1. Mengetahui parameter kualitas air meliputi pH kekeruhan TSS TDS DO COD BOD di sungai Surabaya. 2. Mengetahui kandungan logam berat Besi (Fe) dalam sedimen pada Perairan sungai Surabaya. Metode yang akan digunakan dalam penelitian bersifat survey lapangan meliputi 7 titik pengambilan sampel yaitu Lengkong Baru Tambangan Canggu jembatan Perning Tambangan Cangkir Muara Kali Tengah Tambangan Bambe dan Karang Pilang. Parameter kualitas air yang dikaji antara lain pH kekeruhan TSS TDS DO BOD COD dan kadar Fe dalam sedimen. Penetapan kadar logam besi dalam sedimen dilakukan dengan cara destruksi dengan 20 mL aqua regia (HNO3 HCl 1 3). Filtrat hasil destruksi sedimen diukur absorbansnya dengan Spektrofotometer Serapan Atom. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2008 yang dilaksanakan di Laboratorium Penelitian FMIPA Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dari ketujuh lokasi pengambilan sampel mulai dari Lengkong Baru sampai Karang Pilang parameter kualitas air pada 7 lokasi pengambilan sampel pH perairan berada pada rentang 6 33-8 05 (standar baku mutu pH perairan 6-9) Kekeruhan pada rentang 11 33-366 67 NTU (standar baku mutu kekeruhan perairan adalah 50 NTU) TDS pada rentangan 227-1060 mg/L (standar baku mutu TDS perairan adalah 1000 mg/L TSS pada rentangan 60-560 mg/L (standar baku mutu TSS perairan adalah 20 mg/L) DO pada rentangan 0 13-18 6 mg/L (standar baku mutu DO 4 mg/L) BOD pada rentangan 5 66-22 7 mg/L (standar baku mutu BOD 3 mg/L) dan COD pada rentangan 20-440 mg/L (standar baku mutu COD 25 mg/L) kadar besi dalam sedimen diperoleh konsentrasi sebesar 0 437-21 4680 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23353

Actions (login required)

View Item View Item