Pengaruh penambahan sorbitol terhadap sifat poliblend kitosan dan pati jagung / Luluk Mufidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penambahan sorbitol terhadap sifat poliblend kitosan dan pati jagung / Luluk Mufidah

Mufidah, Luluk (2010) Pengaruh penambahan sorbitol terhadap sifat poliblend kitosan dan pati jagung / Luluk Mufidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mufidah Luluk. 2009. Pengaruh Penambahan Sorbitol terhadap Sifat Fisik Poliblend Kitosan dan Pati Jagung. Skripsi Program Studi Kimia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumari M.Si (II) Dra. Nazriati M.Si. Kata Kunci kitosan pati jagung sorbitol poliblend. Sampah plastik menimbulkan masalah yang sangat serius bagi lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat plastik biodegradabel. Dalam penelitian ini usaha untuk membuat plastik biodegradabel dipelajari dengan membuat poliblend kitosan dan pati jagung. Bahan pemlastis (plasticizer) sorbitol ditambahkan untuk memperbaiki sifat mekanis bahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat poliblend kitosan dan pati jagung dan mengetahui pengaruh penambahan sorbitol terhadap poliblend kitosan dan pati jagung. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap utama. Tahap pertama adalah pembuatan poliblend kitosan dan pati jagung. Kitosan dibuat gel terlebih dahulu dengan menambahkan larutan asam asetat 2% sambil diaduk dengan mechanic stirer. Selanjutnya pati jagung digelatinisasi dengan menambahkan aquades sambil diaduk dan dipanasi pada suhu 62-70 C. Gel kitosan dan gelatin pati kemudian dicampur diaduk dicetak dan diangin-anginkan sampai kering. Tahap kedua adalah membuat poliblend kitosan dan pati jagung dengan penambahan sorbitol 1% 3% dan 5% dari berat kering poliblend. Tahap ketiga adalah karakterisasi poliblend yang meliputi pengamatan fisik uji kelarutan uji kekuatan tarik dan uji spektrofotometer FTIR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa poliblend yang dihasilkan merupakan campuran secara fisik berbentuk lembaran tipis buram berwarna kekuningan lentur tidak tembus oleh minyak tidak larut dalam air maupun asam asetat mempunyai kekuatan tarik 60 4 MPa dan regangan sebesar 6 0 %. Penambahan sorbitol pada poliblend menyebabkan poliblend lebih halus lebih transparan lebih lentur meningkatkan adsorpsi air menurunkan kekuatan tarik (sorbitol 1% 58 9 MPa 3% 57 4 MPa 5% 53 8 MPa) dan regangan (sorbitol 1% 5 5% 3% 4 5% 5% 4 6%) dan menyebabkan puncak serapan poliblend bergeser ke arah frekuensi (bilangan gelombang) vibrasi yang lebih kecil. Saran yang bisa diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan poliblend kitosan dan pati jagung sebagai bahan pembungkus makanan atau obat dan kemampuan degradasinya. Selain itu juga perlu diteliti mengenai penambahan bahan aditif yang sesuai untuk memperbaiki sifat poliblend kitosan dan pati jagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23352

Actions (login required)

View Item View Item