Sintesis dan karakterisasi zink oleat dari asam oleat dengan zink sulfat / Endang Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi zink oleat dari asam oleat dengan zink sulfat / Endang Pratiwi

Pratiwi, Endang (2009) Sintesis dan karakterisasi zink oleat dari asam oleat dengan zink sulfat / Endang Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sabun dalam sudut pandang kimia adalah garam yang dihasilkan oleh asam karboksilat suku tinggi. Metode yang digunakan dalam pembuatan sabun adalah reaksi saponifikasi yaitu dengan mereaksikan natrium atau kalium hidroksida dengan minyak atau asam lemak. Seiring berkembangnya konsep tentang sabun maka logam natrium atau kalium dapat diganti dengan logam lain yaitu zink dan alumunium. Keberhasilan sintesis sabun alumunium melalui reaksi trans-saponifikasi dan uji potensi sabun alumunium sebagai pengental pelumas mendorong untuk dilakukan penelitian tentang sintesis sabun zink. Tujuan dari penelitian ini adalah mensintesis sabun zink dari asam oleat dengan zink sulfat melalui reaksi trans-saponifikasi dan mengkarakterisasinya. Penelitian ini dilakukan melalui tahap-tahapan sebagai berikut (1) reaksi saponifikasi asam lemak dengan natrium hidroksida untuk menghasilkan sabun natrium (2) reaksi trans-saponifikasi sabun natrium dengan zink sulfat untuk menghasilkan sabun zink oleat (3) pemurnian senyawa hasil sintesis dengan cara pencucian menggunakan aquades (4) karakterisasi senyawa hasil sintesis yang meliputi uji kelarutan penentuan titik lebur degradasi sabun analisis kualitatif ion zink dan sulfat secara kimiawi dan analisis kuantitatif logam zink dan natrium dengan spektrofotometri serapan atom (5) identifikasi gugus fungsi senyawa hasil sintesis dengan spektrofotometri inframerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zink oleat dapat disintesis dari asam oleat melalui reaksi saponifikasi dengan natrium hidroksida yang kemudian dilanjutkan dengan reaksi trans-saponifikasi antara sabun natrium oleat dengan zink sulfat. Sabun zink hasil sintesis berupa serbuk putih dengan titik lebur 64-71 C kelarutan dalam benzena sebesar 0 027 g/mL dan pernis sebesar 0 017 g/mL tidak larut dalam air dingin air panas etanol aseton kloroform n-heksana oktanol dan petroleum eter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23351

Actions (login required)

View Item View Item