Pengaruh sabun aluminium (Jat oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Endah Puspita Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sabun aluminium (Jat oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Endah Puspita Wardani

Wardani, Endah Puspita (2009) Pengaruh sabun aluminium (Jat oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas / Endah Puspita Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sabun aluminium merupakan salah satu jenis sabun yang telah dikembangkan dan memiliki fungsi yang berbeda dengan sabun alkali. Salah satu jenis sabun yang telah berhasil disintesis adalah sabun aluminium (Jat Oil-Al2(SO4)3). Pelumas merupakan campuran hidrokarbon dengan bahan aditif yang berfungsi untuk memperbaiki sifat-sifat pelumas tersebut. Uji potensi aluminium oleat dan aluminium stearat untuk memperkecil penurunan viskositas akibat pengaruh temperatur pada pelumas motor bensin dan diesel telah berhasil dilakukan. Berdasarkan keberhasilan uji potensi aluminium oleat dan aluminium stearat tersebut serta keberhasilan sintesis sabun aluminium (Jat Oil-Al2(SO4)3) maka perlu dilakukan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan sabun aluminium (Jat Oil-Al2(SO4)3) terhadap viskositas pelumas dan perubahan viskositasnya akibat pengaruh temperatur. Penelitian ini merupakan survei laboratoris yang dilakukan melalui metode eksperimen di laboratorium yang terdiri dari beberapa tahap yaitu (1) uji kelarutan sabun aluminium dalam pelumas (2) pengukuran densitas pelumas (3) pengukuran viskositas pelumas (4) analisis perubahan viskositas pelumas akibat pengaruh temperatur yang dapat diketahui dari grafik viskositas kinematik terhadap temperatur koefisien temperatur viskositas (VTC Viscosity Temperature Coefficient) persamaan Walther dan angka viskositas (VN Viscosity Number). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelarutan optimum sabun aluminium (Jat Oil-Al2(SO4)3) dalam pelumas pada 0 040 g (0 50%). Penambahan sabun aluminium dapat meningkatkan viskositas pelumas dan memperkecil penurunan viskositas akibat pengaruh temperatur. Hal ini dapat diketahui dari penurunan gradien pada grafik viskositas kinematik terhadap temperatur dan grafik persamaan Walther penurunan koefisien temperatur viskositas (VTC Viscosity Temperature Coefficient) dan kenaikan angka viskositas (VN Viscosity Number).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23348

Actions (login required)

View Item View Item